Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 05 2022

    Kominfo Siapkan Dana untuk Buat Search Engine Milik Indonesia Sendiri

    kapan ya jadinya?

    Ilustrasi mesin pencarian (UNSPLASH)


    Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate berencana membuat search engine atau mesin pencarian sendiri untuk Indonesia.

    Hal ini ia beberkan saat dirinya menjadi bintang tamu dalam podcast milik Deddy Corbuzier. “Harusnya bisa. Saya, bukan saja aplikasi Instagramnya. Tapi search engine pun harus bisa kita buat,” ungkap Johnny G Plate saat membahas keputusan pemblokiran sejumlah aplikasi dan website yang tidak mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat.

    “Saya pada saat jadi Menteri pertama saya panggil, Tim! Bisa nggak kita bikin search engine? Name it Gatotkaca,” lanjutnya. Netizen pun ramai mengomentari pernyataan menteri Kominfo tersebut.


    Sebelumnya, rencana pembuatan search engine ini sudah pernah Johnny G Plate beberkan pada tahun 2020. Dalam acara #BrekreasiDiSosialMedia yang disiarkan melalui Youtube, “Jadi kalau Amerika ada search engine Google, Kominfo sedang merancang government search engine,” ucap Johnny G Plate.

    Ia berharap developer asli Indonesia dapat membuat search engine secara nasional. “Dengan demikian maka generasi Indonesia nanti developernya bisa membangun search engine Indonesia sendiri, tidak tergantung search engine yang lain,” jelasnya saat diacara bersama Yosi Mokalu dan Raffi Ahmad.

    Nah, tentunya pembuatan search engine tidak mudah ya Kawula Muda, bahkan terbilang sulit. Perlu juga dukungan dana yang besar untuk pembuatannya. 

    Editor Team

    COMMENT