Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 02 2021

    Mulai Buat Podcast? Ini 5 Topik Menarik untuk Jadi Inspirasi

    Kawula Muda, siapa nih yang sering denger podcast?

    Ilustrasi membuat podcast. (ADOBE STOCK)

    Kawula Muda, siapa yang belum tahu apa itu podcast?

    Simpelnya, podcast atau siniar adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa kamu dengar dan putar berulang kali layaknya lagu, di manapun. Bedanya, podcast ini idealnya berdurasi mulai dari 10 menit hingga 30 menit.

    Topik yang dibawa pun sangat beragam. Tak perlu membutuhkan ilmu-ilmu yang begitu dalam untuk membuat sebuah podcast.

    Dilansir dari Podcast Insights, umumnya, podcast diputar saat pendengar sedang di perjalanan, maupun tengah bekerja.

    Nah, untuk kamu yang tertarik untuk membuat podcast dan bingung harus mengangkat topik apa, 5 topik ini bisa jadi inspirasi kamu, nih!

    1. Kisah Misteri

    Tak sedikit, lho, yang penasaran dengan kisah-kisah misteri meskipun masih banyak yang tidak percaya dengan hal-hal berbau mistis. Dengan adanya kisah misteri ini, tentunya kamu akan menggugah rasa penasaran dan ketertarikan pendengar untuk memutar episode-episode lainnya, nih!

    Kamu bisa menceritakan apa yang pernah kamu alami, mengundang tamu lain untuk bercerita langsung, atau bahkan membacakan cerita horor yang diberikan oleh kerabat kamu.

    2. Finansial

    Investasi, investasi, dan investasi. Siapa yang bosen denger kata itu? Sebenarnya, untuk menjadi kaya memang perlu mengelola uang dengan benar. Apalah arti gaji besar kalau gaya hidupnya enggak bisa dikondisikan?

    Pastinya dengan kamu membawa topik finansial, kamu bisa membantu pendengar kamu yang memiliki masalah yang sama. Dengan riset yang mendalam, tentunya podcast ini juga bisa membawa kamu lebih paham dengan finansial. Win-win solution.

    3. Kesehatan Mental

    Kesehatan mental bukanlah sesuatu yang tabu, Kawula Muda. Jika kamu lulusan Psikologi atau mungkin memiliki pengalaman yang berkaitan dengan psikolog, ini bisa jadi kesempatan yang bagus untuk kamu.

    Terlebih lagi masih sangat sedikit podcaster Indonesia yang membahas soal kesehatan mental. Tentunya dengan pembahasan ini, kamu bisa lebih meningkatkan rasa empati dan simpati orang lain dan membawa dampak positif bagi pendengar setia kamu.

    4. Percintaan

    Dalam kehidupan, kita enggak pernah lepas dari masalah percintaan. Entah itu baik atau buruk. Dengan adanya pembahasan ini, pastinya pendengar kamu akan merasa bahwa dirinya tidak sendiri. Pembahasan ini enggak harus soal sedih, lho, ya. Kamu bisa membahas hal ini dengan bertanya serta memberikan opini kamu terkait benar atau tidaknya kalau cinta butuh perjuangan. 

    5. Kehidupan Sehari-hari

    Meskipun istilah "dunia tipu-tipu" ini sudah merebak, enggak bisa dipungkiri kalau banyak orang yang menuntut hal-hal realistis. Enggak perlu muluk-muluk, cukup dengan bercerita soal hal-hal lucu atau mengagetkan yang kamu alami sehari-hari tentunya bisa meningkatkan ketertarikan pendengar, lho!

    Jadi, Kawula Muda, topik apa, nih, yang mau kamu bawa untuk episode pertama podcast kamu?

    By the way, siap-siap ya Kawula Muda karena akan ada keseruan yang menanti kamu di Prambors Podcast!

    Editor Team

    COMMENT