Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 11 2021

    Nama Jokowi hingga BCL Tertulis di Daftar Penerima Vaksin Covid-19 Pertama

    Kawula Muda, siapa nih yang sudah berencana untuk mendaftarkan diri ikut vaksin?

    Ilustrasi seorang pasien sedang vaksinasi. (FREEPIK)

    Penyuntikan vaksin Covid-19 pertama kali rencananya akan dilaksanakan pada 13-15 Januari 2021. Kementrian Kesehatan RI menuliskan bahwa penerima perdana vaksin ini terdiri dari pejabat publik, tokoh agama, sosok dibidang kesehatan, hingga artis. 

    Saat ini, tangkapan layar berisi daftar kelompok dan individu penerima vaksin Covid-19 dengan logo Kementrian Kesehatan RI tengah beredar di media sosial. Dalam daftar tersebut tertulis beberapa nama dalam slide dengan judul Rencana Penyuntikan Perdana 13-15 Januari 2021.

    Kelompok I pada 13 Januari 2021 yang akan menerima suntik vaksin pertama kali ialah Presiden Joko Widodo dan diikuti oleh pejabat publik lainnya, seperti Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, Menteri Luar Negeri, dan Mendiknas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas Covid-19, serta Kepala BPOM. 

    Kelompok II yang akan menerima penyuntikna vaksin pada 13 Januari 2021 terdiri dari pada pemimpin kunci (Key Opinion Leader) bidang kesehatan, seperti Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI), Ahli Vaksin Milenial, Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC), dan Ketua Satgas NU Peduli COVID-19. 

    Tidak hanya itu, beberapa nama seperti Najwa Shihab, Dokter Tirta, Bunga Citra Lestari, dan Raffi Ahmad dikategorikan sebagai individu yang akan menerima vaksin pada tanggal yang sama. 

    Pada kategori tokoh agama yang ada di Kelompok III yaitu ada Ketua PBNU, perwakilan Muhammadiyah, Sekjen MUI, Ustaz Das'ad Latief, perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Buddha, dan Hindu.

    Sementara itu, untuk tanggal 14-15 Januari 2020, target utama dalam program vaksinasi ini dituju untuk pejabat publik daerah yakni Gubernur, Kepala Dinas Kesehatan, Sekda Pangdam, Kapolda, dan Dirut RSUD rujukan Covid-19. 

    Namun, daftar yang beredar di media sosial ini dibantah oleh Kemenkes. Menurut Kementrian Kesehatan daftar ini bukan resmi dikeluarkan oleh Kemenkes. Bunga Citra Lestari juga belum memberikan kepastian akan informasi tersebut. 

    Hingga saat ini, kabar pastinya hanya Presiden Joko Widodo dan para menteri Kabinet Indonesia Maju yang akan disuntik vaksin Covid-19 pada 13 Januari 2021.

    Vaksinasi massal akan dilaksanakan bersamaan di 34 provinsi secara serentak. Pada 14-15 Januari 2021 vaksinasi masal ini akan ditujukan untuk tenaga kesehatan, kepala daerah, dan tokoh masyarakat yang akan dibagi kedalam tiga kelompok prioritas dalam gelombang pertama. 

    Editor Team

    COMMENT