Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 24 2020

    Netizen Korea Selatan Soroti Video Klip Via Vallen yang Jiplak MV IU “Above The Time”

    Kawula Muda, musisi Indonesia Via Vallen dituding melakukan plagiat musisi K-Pop!

    Musisi K-pop, IU dan musisi Indonesia, Via Vallen. (INSTAGRAM)

    Nama Via Vallen tiba-tiba menjadi trending topic Twitter pada hari ini, Sabtu (24/10/2020). Hal ini dikarenakan video klip terbaru Via Vallen featuring Dyrga Dadali, Kasih Dengarkanlah Aku, yang baru saja dirilis, dituding telah menjiplak video klip milik penyanyi K-Pop, IU.

    Netizen Korea Selatan yang menonton video klip tersebut menuding Via Vallen telah menjiplak MV musisi Korea Selatan IU yang bertajuk Above The Time.

    Tidak hanya netizen dari negeri ginseng, banyak penggemar K-Pop di Indonesia juga menilai video klip Via sangat mirip dengan video klip IU.

    Kemiripan video tersebut terlihat dari beberapa aspek, mulai dari storyline, hingga properti yang digunakan dalam video klip Via Vallen.

    Setelah ramai diperbincangkan dan menuai kontroversi para netizen, pihak label Via Vallen, Ascada Musik, langsung memberikan klarifikasi.

    Dari pernyataan resmi yang dirilis di Instagram milik label musik tersebut, mereka menjelaskan bahwa pihak manajemen menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara.

    Pihak label tidak mengetahui bahwa ada kemiripan dengan video klip lain. Saat ini mereka juga sedang meminta klarifikasi dari sutradara.

    Mereka juga menjelaskan bahwa Via Vallen dan Dyrga Dadali hanya sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, dan hanya menjalankan tugas sebagai talent. Seluruh aktivitas dalam video klip tersebut diarahkan oleh sutradara. Via dan Dyrga tidak turut serta dalam penentuan ide ataupun konsep untuk video klip tersebut.

    VIA VALLENKemiripan dalam video klip Via Vallen dengan MV IU "Above The Time". (TWITTER)

     

    Tak lama, Via Vallen pun turut angkat bicara. Dalam unggahan di Instagram Story, Via meminta maaf kepada IU, fans IU, dan juga para penggemarnya yang sering disapa Vyanisty. Via menjelaskan bahwa dirinya baru mengetahui ternyata video klip terbarunya sangat mirip dengan MV milik IU. Menurut Via, hal tersebut sama sekali tidak ada unsur kesengajaan.

    Via juga memberikan klarifikasi bahwa dia hanya penggemar K-Pop yang biasa saja, dan tidak terlalu banyak melihat MV K-Pop. Jika dari awal mengetahui hal ini, sudah pasti dia akan menolak dan meminta untuk mengganti konsep.

    Via menjelaskan bahwa dia juga sangat malu dan akan menjadikan pengalaman ini sebagai pelajaran. Saat ini video klip Via yang dituding telah menjiplak tersebut telah di-take down.

     Buat kalian yang penasaran dengan kemiripan dari video klip Via Vallen dan IU, dapat melihat dari beberapa tweet yang ramai dibagikan oleh netizen ini ya!


    Editor Team

    COMMENT