Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 29 2022

    Patung Lilin Diturunkan dan Nyaris Semua Kontrak Diputus, Inikah Akhir dari Karier Kanye West?

    Hai Kawula Muda, mulutmu harimaumu.

    Kanye West dan patung lilinnya. (TWITTER)

    Aksi Kanye West yang akrab disapa Ye seringkali menimbulkan kontroversial bahkan skandal. Perseteruannya dengan beberapa artis membuatnya “diserang”, seperti oleh Gigi Hadid sampai Hailey Bieber. Gigi Hadid bahkan menyebut Kanye West sebagai ‘tukang bully’.

    Konflik terakhri Kanye West dengan GAP yang diikuti dengan dirinya memakai t-shirt bertuliskan ‘White Lives Matter’ dan juga ujaran kebenciannya terhadap kaum Yahudi sepertinya menjadi klimaks dari kontroversi sang rapper.

    Akibat dari tindakannya itu, sejumlah pihak sponsor dan mitra akhirnya memutus kontrak dengan Kanye West.

    Adidas memutuskan untuk mengakhiri produk bermerek Yeezy dan menghentikan semua pembayaran kepada Kanye West.

    Padahal pendapatan awal atas kerjasama Ye dengan Adidas itu diperkirakan mencapai 1,5 miliar dolar Amerika atau setara dengan lebih dari Rp23 triliun.

    Tak hanya Adidas, beberapa perusahaan dan merek pakaian terkenal seperti Balenciaga dan Def Jam juga mengakhiri kesepakatan kerja sama dengan Kanye West.

    Bahkan Akademi Donda milik Kanye West juga akan segera ditutup dampak dari banyaknya kecaman teradap sang rapper tersebut.

    Akibatnya, pundi-pundi harta Kanye West pun menurun drastis hingga terdepak dari deretan orang terkaya versi majalah Forbes.


    Patung lilinnya pun disingkirkan

    Tidak hanya urusan bisnis, popularitas Kanye West juga tampaknya akan semakin meredup dengan banyaknya agensi yang tidak mau bekerja sama dengannya.

    Pemimpin redaksi Vogue, Anna Wintour juga tidak mau bekerja sama sekali dengan penyanyi peraih 24 Grammys tersebut.

    Perilakunya juga membuat agensi popular Hollywood Creative Artists Agency (CAA) tidak bekerja sama lagi dengan Ye. Begitu pula dengan MRC Studio yang membatalkan film dokumenter Kanye West.

    Rapper berusia 45 tahun ini juga diboikot Instagram dan Twitter karena ulahnya yang kontroversial.

    Terakhir, patung Kanye West di museum lilin Madame Tussauds London dicopot dari lantai pameran dan dipindahkan ke gudang penyimpanan.

    "Setiap figur mendapatkan tempat di Madame Tussauds London dan kami mendengarkan publik mengenai siapa saja yang mereka harapkan lihat (di museum)" ujar Juru bicara Madame Tussauds kepada BBC, seperti diberitakan Billboard pada Rabu (26/10/2022).

    Apakah ini akhir dari karier Kanye West? Sepertinya banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kasus ini ya Kawula Muda. Bahwa populer dan kaya tidak akan memberi kita priviledge untuk bisa bersikap seenaknya dan berbicara semaunya.

    Ingat, “mulutmu adalah harimaumu”. Setuju dong?

    Editor Team

    COMMENT