Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 11 2021

    Penemu Kaset Pita, Lou Ottens, Meninggal Dunia di Usia 94 Tahun

    Hai Kawula Muda, Rest In Peace Sir Lou Ottens.

    Lou Ottens, sang penemu kaset. (TWITTER)

    Mantan insinyur perusahaan Philips, Lou Ottens, dilaporkan meninggal dunia di rumahnya di Desa Duizel, Belanda pada usia 94 tahun.

    Melansir media Belanda NRC Handelsblad, Loe Ottens lahir di Bellingwolde pada 1926, tetapi dibesarkan di Hilversum.

    “Kami sangat sedih harus memberitahu bahwa Lou meninggal pada Sabtu, 6 Maret 2021,” kata putri Ottens, Arine Ottens seperti dilansir New York Post, Rabu (10/3/2021) waktu setempat.

    Lou Ottens dikenal sebagai penemu kaset pita dan juga terlilbat dalam pengembanan compact disc (CD).

    Memperkenalkan kaset pita

    Lou Ottens diketahui mulai mengembangkan kaset pita pada 1960-an. Kala itu, dia berharap bisa membuat orang-orang mendengarkan musik dengan harga terjangkau dan tanpa gulungan pita besar.

    Melansir Angadget, Ottens pertama kali membuat prototipe kaset pita berbahan kayu yang bisa masuk ke sakunya. Dia juga menyakinkan Philips untuk mendaftarkan lisensi penemuannya itu ke produsen lain secara gratis, sehingga karyanya menjadi standar kaset yang digunakan di dunia.

    Ottens kemudian memperkenalkan kaset pita ke hadapan dunia pada 1963, pada sebuah pameran elektronik.

    Kaset pita karya Lou Ottens itu pun dinilai sebagai sebuah penemuan yang sangat berjasa. Dengan kaset pita, orang-orang bisa mendengarkan lagu dan album favorit mereka saat dalam perjalanan, tanpa terganggu iklan atau obrolan seperti di radio.

    KASETKaset dan tape recorder portable. (TWITTER)

     

    Karya Ottens di dunia musik berlanjut dengan turut andil membantu Philips dan Sony mengembangkan CD. Otten beranggapan, tidak ada barang yang abadi, sehingga ketika ada produk yang lebih bagus dari kaset, maka ia harus segera berpindah.

    Minat Ottens pada sound system sudah ada sejak usianya masih muda. Selama pendudukan Jerman, Otten sempat membuat radio sendiri agar keluarganya dapat mendengar siaran Radio Oranje.

    Ottens melengkapi perangkat itu dengan antena arah kuno yang disebut Germanenfilter, karena bisa menghindari sinyal yang digunakan oleh Nazi Jerman.

    Lou Ottens mulai bekerja di pabrik Philips di Hasselt, Belgia, pada 1952. Selain kaset dan CD, ia juga berhasil membuat tape recorder portable pertama Philips yang terjual lebih dari satu juta unit bernama.

    Ottens kemudian pensiun pada 1986 dan membuat buku tentang tips inovasi bersama rekan-rekannya. Hebatnya, meski dikenal sebagai penemu, kepada NRC ia selalu mengatakan bahwa kaset dan CD bukan dibuat olehnya, tapi tim.

    Rest in Peace, Sir.

    Editor Team

    COMMENT