Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 14 2021

    Pentingnya Etika Berkonten, Netizen Ramai Unsubscribe Usai Viral Video Baim Wong Bentak Pria Tua

    Hai Kawula Muda, yuk tetap beretika ya tiap kali bikin konten!

    Youtuber Indonesia, Baim Wong. (INSTAGRAM/BAIM WONG)

    Aksi Baim Wong memarahi dan mempermalukan Kakek Suhud yang disebutnya mengemis uang di salah satu konten YouTube rupanya berbuntut panjang.

    Baim Wong yang selama ini dikenal sebagai influencer dermawan mendadak ramai dihujat netizen. Tak hanya hujatan, ternyata netizen juga ramai-ramai unsubscribe chanel YouTube Bapau milik Baim Wong.

    Hal itu seperti dikutip dari website Social Blade yang biasa digunakan untuk melacak statistik dan analitik media sosial.

    Hal itu seperti dikutip dari website Social Blade yang biasa digunakan untuk melacak statistik dan analitik media sosial.

    Sebenarnya jumlah subscriber Baim Wong di hari Jumat (8/10/2021) mendapat penambahan subscriber sebanyak 100.000. Sampai pada Sabtu (9/10/2021) jumlah subscribernya mencapai 19,7 juta.

    Namun mulai Senin (11/10/2021), setelah insiden konten memarahi dan mempermalukan Kakek Suhud, tampak jelas channel YouTube Baim Paula mengalami penurunan sebanyak 100.000 subscriber.

    Tak berhenti di situ, pada Selasa (12/10/2021), channel YouTube Bapau kembali menurun sebanyak 100.000 subscriber.

    Hinga berita ini sisusun, subscriber YouTube Baim Paula kedapatan turun drastis menjadi 19,4 juta.



    Pentingnya Etika Berkonten

    Viralnya video Baim Wong  mengingatkan banyak pihak terutama para penggiat konten untuk tetap memperhatikan etika dalam berkonten.

    Seperti tidak mempermalukan atau mencemarkan nama baik orang lain, tidak menyebarkan konten negatif yang mengandung ujaran kebencian, hoax, pornografi serta vandalisme.

    Penggunaan fitur blurring tool yang kini disediakan sosial media seperti Youtube dan instagram bisa dijadikan alternatif untuk menutup informasi yang sensitif, termasuk menutup identitas seseorang di dalam video.

    Perlu diingat juga, jika saat ini sudah ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang mengatur informasi, transaksi elektronik, dan teknologi informasi secara umum.

    UU ITE juga mengatur cara  menggunakan media digital, jadi harus hati hati karena ada aturan hukum yang mengatur gerak-gerik di dunia digital itu ada.

    BAIM WONGTangkapan layar cuplikan video yang membuat Baim Wong kehilangan ratusan subscriber dalam beberapa hari terakhir. (YOUTUBE)

      

    Permohonan maaf 

    Meski Baim Wong telah memberikan klarifikasi, namun masih banyak netizen yang merasa kecewa dengan cara Baim memperlakukan kakek Suhud.

    Sikap Baim menjadi perdebatan sengit antara netizen. Ada yang mendukung dan memaklumi Baim, ada juga yang menilai sikap Baim keterlaluan.

    Ramainya pemberitaan, akhirnya membuat suami dari Paula Verhoeven yang baru saja dianugerahi putra kedua ini meminta maaf atas tindakannya salah.

    BAIM PAULAChannel YouTube Baim Paula yang memiliki belasan juta subscriber. (YOUTUBE)

      

    Melalui akun Instagram pribadinya, Baim mengaku menyesal dan seharusnya dia bersikap lebih sopan kepada kakek Suhud.

    “Untuk kakek Suhut.. maaf ya.. saya salah.. Seharusnya saya bisa lebih sopan. Banyak belajar saya,” tulis Baim, Rabu (13/10/2021).

    Tak  hanya itu, Baim juga menuliskan, jika ada kesempatan ia ingin bertemu dengan Kakek Suhud untuk meminta maaf secara langsung.

    Editor Team

    COMMENT