Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 06 2020

    “Perempuan Tanah Jahanam” Borong 6 Piala Citra Festival Film Indonesia 2020

    Hai Kawula Muda, Perempuan Tanah Jahaman jadi film yang raih kemenangan terbanyak di FFI 2020.

    Film Joko Anwar, 'Perempuan Tanah Jahanam'. (INSTAGRAM/jokoanwar)

    Perempuan Tanah Jahanam keluar sebagai pemenang untuk kategori Film Terbaik di Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2020, yang digelar Sabtu (5/12/2020) malam.

    Di ajang bergengsi insan perfilman Tanak Air ini, Perempuan Tanah Jahanam berhasil meraih 6 kemenangan dari 21 kategori yang dilombakan.

    Keenam kategori itu adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Joko Anwar), Penyunting Gambar Terbaik (Dinda Amanda), Penata Suara Terbaik (Mohamad Ikhsan, Syamsurrijal, Anhar Moha), Pengarah Sinematografi Terbaik (Ical Tanjung, I.C.S), dan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik (Christine Hakim).

    PEREMPUAN TANAH JAHANAMPerempuan Tanah Jahanam raih 6 piala citra. (TWITTER/PTJ)

      

    Selain meraih kemenangan terbanyak, Perempuan Tanah Jahanam juga menjadi film yang masuk nomine terbanyak, yaitu 17 kategori.

    Nominasi Piala Citra FFI 2020 digelar di tengah pandemi Covi-19. Film-film dipilih berdasarkan puluhan film yang berhak masuk seleksi, baik yang ditayangkan di layar bioskop maupun debut di layanan streaming karena terkendala pandemi.

    Setelah nominasi diumumkan, juri Festival Film Indonesia 2020 menentukan pemenang selama sekitar satu bulan.

    JOKO ANWARJoko Anwar, Sutradara Terbaik Piala Citra FFI 2020. (TWITTER/PTJ)

     

    Berkisah tentang perempuan yang ingin ungkap misteri keluarganya

    Perempuan Tanah Jahanam menceritakan tentang keinginan Maya yang diperankan Tara Basro dalam mengungkap misteri keluarganya.

    Hal itu berawal saat Maya mengalami permasalahan, termasuk dalam pekerjaannya bersama Dini yang diperankan Marissa Anita.

    Masalah tersebut membuat Maya ingin rehat sejenak dengan mengunjungi tanah leluhurnya. Kunjungan itu dilakukan setelah Maya menerima kabar bahwa dirinya bisa menerima harta warisan apabila mengunjungi desa leluhurnya.

    Maya pun memilih untuk berkunjung ke desa leluhurnya yang sangat terpencil dan terpelosok bersama Dini, dengan harapan mengetahui tentang keluarganya.

    PEREMPUAN TANAH JAHANAMChristine Hakim raih Piala Citra Pemeran Pembantu Perempuan Terbaik. (TWITTER/PTJ)

     

    Hanya berbekal rasa ingin tahu, Maya tidak sadar bahwa masyarakat sekitar sesungguhnya telah mencarinya dan berencana membunuhnya karena satu hal.

    Tepat di satu malam, Maya menemukan kenyataan rumit tentang masa lalu dan keluarganya yang membuat ia harus berjuang menyelamatkan hidup.

    Perempuan Tanah Jahanam, film horor pertama yang menang menjadi Film Terbaik Piala Citra ini dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Ario Bayu, Asmara Abigail, Arswendt Bening Swara, dan beberapa peran pendukung yang berasal dari kota lokasi syuting.

    Selain menang di FFI 2020, film garapan Joko Anwar itu juga menjadi wakil Indonesia untuk bersaing di kategori Film Fitur Internasional di Academi Awards (OSCAR) ke-93 yang akan dihelat pada April 2021.

    Editor Team

    COMMENT