Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 16 2020

    Piala Oscar 2021 Diundur Hingga April

    Kawula Muda, penghargaan untuk siapa saja insan perfilman terbaik tahun ini baru akan diumumkan pada April 2021. Sabar ya...

    Para pemenang piala Oscars 2020 (kiri ke kanan) Joaquin Phoenix, Renée Zellweger, dan Brad Pitt. (oscars.go.com)

    Pandemi Covid-19 terus membawa dampak bagi perfilman dunia. Setelah banyak film yang menunda rilis, kini penghargaan bergengsi Academy Awards atau Oscars 2021 yang mundur dua bulan dari jadwal yang sudah ditentukan.

    Rencana awal, Oscars digelar 28 Februari 2021. Namun, beradasarkan pengumuman baru The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Senin (15/6/2020), acara itu baru akan digelar pada 25 April 2021.

    “Selama satu abad lebih, film memegang peranan penting dalam menenangkan, menginspirasi, dan menghibur kita selama masa sulit. Harapan kami, dengan dimundurkannya jadwal Award, akan memberi kesempatan kepada para pembuat film untuk menyelesaikan dan merilis karya mereka tanpa terhenti karena sesuatu yang tidak bisa dikontrol siapa pun,” kata Presiden Academy Awards David Rubin, seperti dilansir Variety.

    Penundaan Oscars 2021 ini merupakan keempat kalinya sejak pertama kali dihelat pada 1929. Academi Awards pertama kali ditunda pada 1938 karena banjir yang melanda Los Angeles.

    Kemudian pada 1968, acara terpaksa batal karena adanya pembunuhan Dr Martin Luther King Jr, serta terakhir pada 1981 ketika terjadi upaya pembunuhan terhadap Presiden Ronald Reagan.

    Rencana pembukaan Academy Museum of Motion Pictures pada Desember 2019 dipastikan batal. Acara ini akhirnya digabung dengan penyelenggaraan malam Oscars pada April 2021.

    “Oscars yang akan datang dan pembukaan museum baru akan menjadi momen bersejarah, membawa penggemar film di seluruh dunia untuk bersatu lewat film,” kata CEO Academy Dawn Hudson.

    Panitia pelaksana Oscars sebelumnya telah mengubah aturan rilis film yang akan masuk dalam penjurian, yakni antara 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021.

    Batas akhir pengiriman film kategori khusus, di antaranya film animasi, dokumenter, dan film internasional, serta film lainnya, adalah 1 Desember 2020. Sementara itu, batas waktu pengiriman film kategori umum pada 15 Januari 2021.

    Mundurnya jadwal Oscars juga berimbas pada The British Academy Film Awards atau BAFTA. Jadwal mereka berubah dari 14 Februari 2021 menjadi 14 April 2021. Dua pekan sebelum perhelatan Oscars.

    Sementara itu, Hollywood Foreign Press Association belum memutuskan jadwal Golden Globes karena masih memonitor situasi.

    Editor Team

    COMMENT