Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 01 2021

    Rapper Legendaris MF Doom Meningal Dunia di Usia Ke-49

    Kawula Muda, kabar mengejutkan buat penggemar musik rap.

    Rapper Inggris, MF Doom. (INSTAGRAM/MF DOOM.AA CAPS.)

    Rapper asal Inggris, Daniel Dmile, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung MF Doom telah meninggal dunia. Doom meninggal pada usia 49 tahun, pada 31 Oktober 2020.

    Namun, belum diketahui apa yang menjadi penyebab meninggalnya rapper misterius yang selalu mengenakan topeng khas ini.

    Kabar kematian Doom pertama kali diumumkan oleh sang istri, Jasmine Dumile, melalui akun Intagram milik sang rapper pada 31 Desember 2020.

    Jasmine mengunggah foto Doom yang mengenakan jersey salah satu tim NBA, New York Knicks, bernomor 33, disertai caption yang berisi surat untuk mendiang sang suami.

    “Untuk Dumile. Suami, ayah, guru, murid, mitra bisnis, kekasih, dan sahabat terhebat yang paling dapat diandalkan,” bunyi pembuka surat dari Jasmine untuk Doom.

    “Terima kasih atas semua hal yang telah kau tunjukkan, ajarkan, dan berikan kepada diriku, anak-anak, dan keluarga kita. Terima kasih telah mengajarkanku bagaimana cara memaafkan dan memberikan kesempatan kepada orang lain, tidak mudah menghakimi dan melupakan, Terima kasih telah menunjukkan bagaimana cara agar tidak takut mencintai dan menjadi pribadi terbaik yang aku bisa,” kata Jasmine dalam suratnya.

    “Kata-kata tidak bisa menggambarkan bagaimana berartinya dirimu dan Malachi (sang anak) untukku, aku mencintai kalian dan selalu memujamu. Semoga THE ALL terus memberkatimu, keluarga kita, dan planet ini. Telah berpulang 31 Oktober 2020,” tulis sang istri.

    Doom lahir di London pada 1971, lalu pindah ke New York bersama keluarganya saat masih kecil. Pada saat remaja ia menggunakan nama Zev Love X saat membentuk grup hip-hop KMD bersama adik laki-lakinya, DJ Subroc.

    Grup tersebut telah menelurkan dua album yaitu “Mr. Hood” (1991) dan “Black Bastards” (1993) sebelum Subroc meninggal dunia akibat kecelakaan mobil pada 1993. 

    Semenjak kematian adiknya, Doom sempat menghilang dari publik selama beberapa tahun. Ia kembali ke muka umum pada 1997 saat tampil di sebuah kafe di Manhattan. Ia tampil dengan cara berbeda yaitu dengan menutup seluruh mukanya menggunakan stocking dan menggunakan nama baru, MF Doom. 

    Sejak saat itu, ia selalu tampil dengan penutup wajah, hingga dia menemukan topeng khasnya yang terinsiprasi dari tokoh jahat Marvel bernama Doctor Doom.

    Dengan nama barunya, Doom merilis album debut “Operation: Doomsday” pada 1999, diikuti dengan 5 studio album lainnya yaitu “Take Me to Ypur Leader” (2003, “Vaudeville Villain” (2003), “Venomous Villain” (2004), “Mm.. Food” (2004), dan “Born Like This” (2009). 

    Selain album solonya, ia juga merilis album kolaborasi fenomenal bersama musisi misterius lain, Madlib, lewat album “Madvillainy” (2004). 

    Editor Team

    COMMENT