Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 04 2022

    Rekomendasi Film dengan Latar Anak SMA di Indonesia

    Kawula Muda udah nonton film-film ini?

    Film Bebas (Miles Films)


    Bagi sebagian orang, masa-masa sekolah merupakan suatu momen indah yang sering kali dibayangkan untuk diulang kembali.

    Terlebih saat masa SMA, banyak pengalaman seru saat memulai menginjak masa remaja ini, momen di mana dipenuhi dengan persahabatan yang seru, pencarian jati diri, persiapan untuk masuk kuliah, hingga percintaan yang manis.

    Buat Kawula Muda yang ingin balik ke momen masa lalu, lo bisa pakai film sebagai media flashback.

    Berikut rekomendasi film Indonesia bertema sekolah versi Prambors.

    Galih dan Ratna (2017)

    Film Galih dan RatnaFilm Galih dan Ratna (Instagram/filmgalihdanratna)

    Kisah cinta antara Galih dan Ratna merupakan salah satu kisah manis masa sekolah yang cukup terkenal.

    Mulanya Galih dan Ratna adalah tokoh dalam film "Gita Cinta dari SMA", yang kemudian dikemas dengan konsep yang lebih modern dalam film "Galih dan Ratna" garapan Lucky Kuswandi.

    Film ini menceritakan tentang Galih (Refal Hady) seorang murid pendiam yang begitu menggilai musik dan Ratna (Sheryl Sheinafia) yang merupakan primadona baru di sekolah tersebut.

    Benih-benih cinta di antara mereka muncul berkat kesukaan mereka terhadap musik. Namun, perbedaan yang ada menjadi rintangan yang harus mereka hadapi.

    Kisah Galih dan Ratna dalam film ini merepresentasikan kisah cinta anak sekolah yang manis, menjadikan media musik sebagai salah satu penghubung keduanya. Cerita keduanya terasa begitu dekat dengan anak sekolah pada umumnya, sehingga film ini begitu direkomendasikan buat lo yang ingin flashback ke momen jatuh cinta saat sekolah.

    Bebas (2019)

    Film BebasFilm Bebas (Miles Films)

    "Bebas" merupakan film adaptasi dari Korea Selatan yang berjudul "Sunny". Film "Bebas" yang disutradarai oleh Riri Riza ini dianggap sebagai film bertema anak sekolah yang cukup sukses.

    Film tersebut mengisahkan tentang persahabatan sebuah geng bernama 'Bebas' yang beranggotakan Vina (Maizura), Kris (Sheryl Shenafia), Gina (Zulfa Maharani), Jessica (Agatha Pricilla)), Suci (Luthesa), dan Jojo (Baskara Mahendra).

    Film yang satu ini begitu erat dengan momen-momen persahabatan yang seru, kenakalan remaja yang kerap menjadi momen tertawa bersama dengan para sahabat, sangat relate dengan kehidupan anak SMA sampai saat ini. 

    Dilan 1990 (2018)

    Film Dilan 1990Film Dilan 1990 (Instagram/dilanthemovie)

    "Dilan 1990" merupakan sebuah film yang berangkat dari adaptasi novel terkenal karya Pidi Baiq.

    Mengisahkan tentang cinta monyet Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) yang penuh momen romansa anak sekolah. Berlatar era 90-an, menambah kesan romantis film ini.

    Selain itu, dalam film ini juga tak luput menampilkan kenakalan remaja yang terjadi pada masa itu, seperti aksi tawuran dan adu jotos antar teman sekolah, yang semakin membawa penonton pada momen di mana hal tersebut seperti wajar terjadi.

    Ada Apa Dengan Cinta? (2022)

    Film Ada Apa Dengan Cinta 1 (AADC)Film Ada Apa Dengan Cinta 1 (AADC) (Dok. Miles)

    "Ada Apa Dengan Cinta?" atau AADC adalah sebuah keajaiban baru bagi industri film Indonesia pada saat itu. Film garapan Rudi Soedjarwo ini sempat menjadi film Indonesia paling laris dengan mencatat 2.700.000 penonton.

    Film ini menceritakan tentang jalinan asmara antara Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang saat itu masih duduk di bangku SMA.

    Menariknya keduanya memiliki kepribadian bertolak belakang. Cinta dengan pribadi yang periang dan mudah bergaul, sedangkan Rangga adalah pria muda yang pendiam dan sinis. 

    Film ini mengulik banyak momen-momen di SMA, mulai dari kegiatan membuat mading (majalah dinding), hingga menghadiri acara pensi.

    Catatan Akhir Sekolah (2005)

    Film Catatan Akhir SekolahFilm Catatan Akhir Sekolah (Fimela.com)

    "Catatan Akhir Sekolah" adalah sisi lain momen masa sekolah yang begitu menarik.

    Film ini menceritakan tentang tiga siswa SMA, yakni Agni (Ramon Y. Tungka), Arian (Vino G. Bastian) dan Alde (Marcel Chandrawinata) yang begitu ambisius untuk membuat film dokumenter tentang sekolah mereka. Film dokumenter tersebut rencananya nanti akan diputar pada acara pensi (pentas seni).

    Momen pertemanan yang konyol dan kenakalan yang terjadi di antara ketiganya membuat film ini cukup unik, menangkap potret anak-anak yang kerap dilabeli ‘bengal’, film ini adalah sudut pandang lain kisah masa SMA.

    My Generation (2017)

    Film My GenerationFilm My Generation (Liputan 6)

    Satu lagi film unik yang bertema sekolah, "My Generation" adalah film garapan Upi. Film yang dirilis pada tahun 2017 ini diperankan oleh Arya Vasco, Bryan Langelo, Alexandra Kosasie, dan Lutesha. 

    Film ini menceritakan tentang persahabatan empat anak SMA yaitu Konji, Suki, Zeke dan Orly. Keempat anak ini memiliki karakteristik, konflik, dan latar belakang yang berbeda-beda dan berasal dari keluarga berada hingga punya cukup fasilitas untuk aktualisasi diri.

    Berbeda dengan anak-anak di generasi sebelumnya, mereka merupakan representasi gen z yang begitu kritis terhadap otoritas yang menurut mereka sangat membelenggu, seperti misalnya guru dan orang tua mereka. 

    Dari enam film di atas, yang mana yang paling mirip dengan kisah SMA lo Kawula Muda? Atau lo mau bikin kisah SMA sendiri dengan ikut Mangkal on Skul: Battle of Putih Abu-abu di Prambors Radio dan menangkan hadiah jutaan rupiah. Caranya gampang saja, klik link di sini untuk ikutan!

    Editor Team

    COMMENT