Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 01 2021

    Resmi Jadi Negara Republik, Barbados Nobatkan Rihanna Sebagai Pahlawan Nasional

    Hai Kawula Muda, Rihanna memang terbaik!

    Rihanna dinobatkan sebagai Pahlawan Barbados. (TWITTER)

    Rihanna resmi menyandang gelar baru sebagai pahlawan nasional. Penyanyi berusia 33 tahun itu dinobatkan sebagai pahlawan nasional di negara asalnya, Barbados, ketika negara tersebut merayakan transisinya menjadi negara republik pada Selasa (30/11/2021).

    Barbados melepaskan diri dari pemerintahan Ratu Elizabeth II dari Inggris, yang telah menjadi kepala negara mereka (Ratu Barbados) sejak 1966.

    Pada Oktober 2021, Dame Sandra Mason dipilih oleh parlemen sebagai presiden pertama Barbados. Ia dilantik pada 30 November 2021 untuk menggantikan kepemimpinan Ratu Elizabeth II. Pergantian tersebut resmi menandai transisi Barbados dari monarki Inggris menjadi negara republik.

    Sebagai warga negara Barbados yang telah dikenal di seluruh dunia, Rihanna dinilai memiliki kreativitas, disiplin, dan komitmen luar biasa untuk tanah kelahirannya, sehingga dianggap layak menjadi pahlawan nasional.

    “Atas nama bangsa yang bersyukur, dengan bangga kami mempersembahkan kepada Anda, orang yang ditunjuk menjadi pahlawan nasional Barbados, ambassador Robyn Rihanna Fenty,” kata Perdana Menteri Barbados, Mia Mottley, di hadapan para pejabat yang hadir di acara pelantikan.

    “Semoga Anda bisa terus bersinar, to shine like a diamond, dan membawa kehormatan bagi bangsa ini melalui kata-kata Anda, tindakan Anda, dan melakukan hal terpuji di manapun Anda berada,” lanjutnya sambil mengutip potongan lirik lagu Rihanna, Diamonds.

    Dalam pidatonya, Rihanna mengungkapkan betapa ia bangga menjadi Bajan, sebutan bagi warga asli Barbados.

    “Ini adalah hari yang tidak akan pernah aku lupakan dan hari yang tidak pernah aku sangka. Kalian semua adalah pahlawan sejati Barbados dan aku akan mengingat kalian ke mana saja aku pergi,” ungkap Rihanna dalam pidatonya di hadapan warga Barbados.

    “Aku sangat bangga menjadi seorang Bajan. Aku akan tetap menjadi Bajan hingga aku mati. Ini adalah satu-satunya tempat yang aku sebut sebagai rumah. Aku cinta Barbados, aku cinta kalian, dan aku berharap para pemuda bisa terus mendorong Barbados untuk lebih maju.”

    “Tidak ada hal yang lebih membanggakan selain dikenal di tanah di mana kalian tumbuh besar,” sambungnya.

    Rihanna resmi bergabung dengan sepuluh orang Barbados terpilih lain, yang sebelumnya telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Pelantun Take a Bow itu merupakan satu dari dua pahlawan nasional yang masih hidup.

    Satu-satunya pahlawan nasional Barbados lain yang masih hidup adalah Garfield Sobers, mantan pemain kriket yang kini telah berusia 85 tahun. Garfield juga turut hadir di acara pelantikan dan sempat memeluk Rihanna.

    RIHANNAPenyanyi asal Barbados, Rihanna. (INSTAGRAM/BADGALRIRI)

      

    Rihanna adalah warga negara Barbados yang paling terkenal. Pada 2018, ia pernah ditunjuk menjadi duta besar budaya dan pemuda yang bertanggung jawab untuk mempromosikan pendidikan, pariwisata, dan investasi untuk Barbados.

    Lahir dan besar di Barbados, Rihanna mulai dikenal publik secara global berkat single 2007-nya, Umbrella. Sejak saat itu, namanya semakin dikenal sebagai salah satu musisi papan atas dunia dan terus mencetak hit besar.

    Selain berkarya di bidang musik, Rihanna juga sukses dengan karier bisnis yang digelutinya lewat grup perusahaan Fenty. Ia menyandang status sebagai salah satu musisi terkaya dunia. Pada bulan Agustus, Forbes memperkirakan jumlah kekayaan bersihnya senilai $1,7 miliar (Rp24,4 triliun), yang sebagian besar berasal dari perusahaan kosmetiknya, Fenty Beauty.

    Editor Team

    COMMENT