Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 17 2021

    Rina Sawayama, Penyanyi asal Jepang yang Dapat Nominasi Rising Star di BRIT Awards 2021

    Kawula Muda, kenalan yuk sama penyanyi keran ini.

    Penyanyi Jepang, Rina Sawayama. (INSTAGRAM

    Penyanyi pendatang baru asal Jepang, Rina Sawayama, akhir-akhir ini menjadi topik perbincangan di industri musik global karena menjadi nomine Rising Star Award dalam ajang penghargaan musik paling bergengsi di Inggris, BRIT Awards (BRITs) 2021.

    Beberapa artis yang namanya melejit berkat penghargaan ini antara lain Adele, Sam Smith, dan Ellie Goulding.

    Rina dinominasikan bersama dua musisi muda lain yaitu Griff dan Pa Salieu. Namun, yang menjadikan Rina spesial adalah karena dia bukanlah warga negara Inggris.

    Tahun-tahun sebelumnya, BRITs memberlakukan syarat kelayakan di mana artis yang akan dinominasikan dalam ajang tersebut harus lahir di Inggris, memiliki paspor Inggris, dan tinggal menetap di Inggris selama minimal 5 tahun.

    Hal inilah yang menghalangi Rina mendapatkan nominasinya tahun lalu. Kegagalan Rina tahun lalu sempat menjadi trending di Twitter.

    Banyak yang menyayangkan Rina tidak masuk nominasi BRITs hanya karena masalah kewarganegaraan. Bahkan, musisi legendaris Elton John pun ikut menyuarakan dukungannya untuk Rina.

    Dorongan dari publik akhirnya membuat BRITs mengubah syarat kelayakan nominasi, sehingga Rina mendapat kesempatan tahun ini.

    Rina merupakan musisi berdarah Jepang-Inggris yang telah tinggal di Inggris selama 26 tahun. Ia lahir di Niigata, Jepang, pada 16 Agustus 1990, sebelum keluarganya memutuskan pindah ke London saat usianya masih lima tahun.

    Saat ini, penyanyi 30 tahun itu memegang visa Indefinite Leave to Remain (ILR) yang merupakan visa untuk warga asing yang menetap di Inggris.

    Namun, ia masih berstatus sebagai warga negara Jepang. Di sisi lain, Jepang tidak mengizinkan warga negaranya memiliki lebih dari satu kewarganegaraan.

    Meski lulus sebagai sarjana Ilmu Politik, Rina ingin fokus mengejar cita-citanya di bidang model dan musik. Ia memulai karier bermusiknya sejak 2013, melalui single Sleeping in Waking.

    Beberapa tahun setelahnya dia mengeluarkan lebih banyak single indie seperti Tunnel Vision (2015), Where u Are (2016), dan Cyber Stockholm Syndrome (2017).

    Dia kemudian merilis EP debutnya “Rina” pada 2017 secara independen. Pada 2019, ia mendapat kesempatan tampil keliling Inggris setelah didapuk menjadi supporting act untuk tur Charli XCX .

    Ia lantas bergabung dengan label Dirty Hit pada 2020 dan merilis beberapa single seperti STFU!, Comme des Garçons (Like the Boys), dan hitnya XS, sebelum merilis album studio perdananya “Sawayama” pada 17 April 2020.

    Berkat single XS, namanya mulai lebih banyak dikenal. Ia memulai debut televisinya di Amerika Serikat membawakan lagu tersebut saat tampil di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon pada Oktober 2020.

    Untuk merayakan nominasi Rising Star-nya di BRITs Award yang diumumkan pada 11 Maret 2021, Rina juga menampilkan lagu XS dari tempat ikonis, Abbey Road Studios, London, pada Senin (15/03/2021).


    Editor Team

    COMMENT