Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 28 2022

    Sejarah! Troy Kotsur Jadi Pria Disabilitas Pertama Raih Piala Oscar

    Hai Kawula Muda, selamat Troy Kotsur!

    Aktor Hollywood, Troy Kotsur. (INSTAGRAM/TROY KOTSUR)


    Aktor Troy Kotsur mencetak sejarah dengan menjadi aktor pria penyandang disabilitas pertama yang memenangkan piala Oscar 2022. Namun demikian, ia bukan pemeran tuli pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

    Sebelumnya, ada aktris Markee Matlin yang menjadi pemeran tuli pertama yang mendapatkan Piala Oscar pada 1988.

    Tory Kotsur meraih peghargaan kategori Best Actor In a Supporting Role atau Aktor Pendukung Terbaik melalui aksinya dalam musikal CODA di ajang piala Oscar 2022.

    Aktor berusia 53 tahun ini menyingkirkan beberapa nominasi lain, yakni Ciaran Hinds (Belfast), Jesse Plemons (The Power of the Cog).

    Dalam pidato kemenangannya, Troy Kotsur mengaku sangat bahagia. Ia menyebut kemenangannya ini dipersembahkan untuk seluruh komunitas penyandang disabilitas di seluruh dunia.

    “Terima kasih kepada panggung film yang menerimatulis seperti saya,” kata Kotsur dikutip dari akun Twitter The Academy, Senin (28/3/2022).

    Aktor yang pernah kuliah di Universitas Gallaudet di jurusan teater, televisi, dan film ini, juga mendedikasikan kemenangannya untuk komunitas tulis, komunitas CODA.

    Debut di dunia akting

    Di awal 1990-an, Troy Kotsur mendapatkan tawaran akting dari National Theatre of the Deaf (NTD). Dari sinilah Kotsur mulai bermain akting di drama secara profesional.

    Kotsur semakin dikenal setelah pada 1994 dan mulai bekerja di Dewaf West Theatre di Los Angeles, California. Di sini ia mulai berakting dan menyutradarai beberapa drama.

    Pada 2021, Kotsur muncul dalam film CODA. Di film ini, ia berperan sebagai pemeran pendukung seorang ayah tunarungu. Aktingnya di film ini mendapat banyak pujian.

    Bahkan, ia diganjar bebreapa penghargaan. Seperti Aktor Pendukung Terbaik British Academy Film Award (BAFTA), hingga Aktor Pendukung Terbaik Academy Award (Piala Oscar).

    Film CODA mulai produksi pada Mei 2019 dan mengambil lokasi syuting di Gloucester, Massachusetts.

    Dalam menggarap film ini, sutradara Sian Hade dibantu dua tunarungu, yakni Alexandria Walles dan Anne Tomasetti.

    Film CODA pertama kali tayang pada 28 Januari 2021 di Festival di Sundace di hari pembukaan, CODA kemudian dirilis di Apple TV+ pada Agustus 2021.

    Editor Team

    COMMENT