Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 31 2020

    Selena Gomez Kecam Facebook Terkait Hoaks soal Covid dan Vaksin

    Kawula Muda, angkap topi, salut dengan kepedulian Serena ya.

    Penyanyi asal Amerika, Selena Gomez. (INSTAGRAM/SELENA GOMEZ)

    Geram karena masih banyak hoaks yang beredar, Selena Gomez mendesak Facebook untuk menindak informasi palsu tentang Covid-19 dan vaksin yang disebarkan melalui platform media sosial tersebut.

    Hal itu disampaikan Selena melalui Twitter saat menanggapi potongan video wawancara BBC bersama CEO dari organisasi bernama Center for Countering Digital Hate (CCDHate), Imi Ahmed, soal masih maraknya peredaran berita bohong tentang Covid-19 di Facebook.

    “Disinformasi ilmiah ‘telah’ dan ‘akan’ menelan korban jiwa. Facebook mengatakan mereka tidak akan membiarkan kebohongan tentang COVID dan vaksin disebarkan di paltform mereka. Tapi kenapa semua ini masih terjadi? Facebook akan bertanggung jawan atas ribuan kematian jika mereka tidak mengambil tindakan sekarang!” tulis Selena melalui Twitter pada Rabu (30/12/2020) saat me-retweet unggahan video dari akun CCDHate.

    Dalam video tersebut, Imi Ahmed mengatakan bahwa klaim Facebook yang menyatakan bahwa mereka telah berupaya menyingkirkan berita palsu tidak sepenuhnya benar, karena setelah dicek oleh CCDHate, hanya kurang dari 5% dari 1.000 laporan yang dikirimkan ke Facebook yang telah ditindaklanjuti.

    Dengan temuan ini, Imi menegaskan bahwa Facebook selama ini tidak melakukan apa-apa untuk menghilangkan berita palsu di platform mereka.

    Sebelumnya, pada awal bulan ini, Selena Gomez juga menanggapi unggahan CCDHate tentang masih maraknya konten penjualan produk rasialis di Facebook dan Instagram, padahal konten-konten tersebut telah dilaporkan beberapi hari sebelumnya.

    Selena kemudian mempertanyakan Facebook dan Instagram yang masih memberikan toleransi terhadap konten berbau kebencian yang beredar di platform tersebut.

    "Aku tidak bisa berkata apa-apa, Facebook dan Instagram, bagaimana kalian menolerir kebencian ini? Masih ada akun-akun di sana meskipun kalian telah diberitahu (melalui laporan),” ujar Selena Gomez melalui akun Twitter pada 3 Desember 2020. 

    Tidak hanya bulan ini saja, pada September lalu, Selena juga sempat membagikan screenshoot pesan DM yang ia kirim kepada pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuzkerberg dan COO Facebook Sheryl Sandberg, melalui Instagram.

    Dalam pesan itu, Selena meminta mereka untuk tidak membiarkan informasi dan pidato kebencian disebarkan melalui platform media sosial yang mereka kuasai. 


    Editor Team

    COMMENT