Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 17 2021

    Selena Gomez Pindah ke Jalur Pop-Latin Lewat “Revelación”, Ikuti Jejak Christine Aguilera?

    Kawula Muda, nyanyi apa aja Selena tetap oke kok ya.

    Penyanyi Amerika Serikat, Selena Gomez. (INSTAGRAM/SELENA GOMEZ)

    Selena Gomez baru saja merilis EP berbahasa Spanyol pertamanya “Revelación” pada Jumat (12/03/2021). Memuat tujuh lagu yang sepenuhnya menggunakan bahasa Spanyol, Selena seakan berputar haluan dari musik pop ke pop-latin.

    “Revelación” mungkin akan dikenal sebagai titik di mana Selena pindah jalur ke musik Latin. Namun, sebenarnya Selena telah mengambil ancang-ancang sejak satu dekade lalu.

    Musisi berdarah Amerika-Meksiko itu sebelumnya telah merilis dua versi bahasa Spanyol untuk dua lagu hitnya A Year Without Rain dan Who Says yang masing-masing diberi judul Un Año Sin Lluvia (2010) dan Dices (2011).

    Pada 2014 ia merilis rekaman duet anumerta dengan mendiang penyanyi Tejano asal Amerika, Selena Quintanilla, untuk lagu Bidi Bidi Bom Bom.

    Empat tahun kemudian, Namanya di industri musik Latin semakin melejit berkat single Taki Taki hasil kolaborasinya dengan DJ Snake bersama Cardi B dan Ozuna.

    Meski tak sekuat Taki-Taki, lagu-lagu di EP “Revelación” memiliki jalurnya sendiri dalam irama reggaeton karena pengaruh produser asal Puerto Riko, Tainy, di dalamnya.

    Dari segi musik Latin, Selena pernah bekerja sama dengan nama-nama besar seperti Daddy Yankee, Bad Bunny, dan J Balvin, sementara dari sisi pop ia pernah bekerja sama dengan Demi Lovato dan Charlie Puth, serta melibatkan Julia Michael, Bebe Rexha, hingga Benny Blanco sebagai penulis lagu.

    Pertemuan dua jalur antara pop dan Latin dalam “Revelación” memberikan warna baru dalam musik Latin.

    Usaha Selena dalam untuk menelurkan album berbahasa Spanyolnya, mirip seperti Christina Aguilera. Berangkat dari musik pop, keduanya sama-sama merangkul warisan Latin mereka dalam musik.

    Revelación” dirilis selang 20 tahun sejak Christina merilis album berbahasa Spanyol pertamanya “Mi Reflejo” pada 2000.

    Jika “Mi Reflejo” berisi lagu-lagu hit yang direkam ulang dalam Bahasa Spanyol, beda halnya dengan ”Revelación” yang ketujuh lagunya merupakan lagu baru.

    Berkat “Mi Reflejo”, Christina berhasil menjadi pemenang Grammy Latin sebagai Best Pop Vocal Album.

    Lebih dari satu dekade sejak debut di industri musik, Selena belum satu pun mendapat peluang di Grammy Awards, bahkan satu nominasi sekalipun. Kini, ia memilih pindah jalur.

    Mungkinkah dengan EP barunya ini, Selena ingin mengikuti jejak Christine Aguilera yang mendapat peluang masuk ke Grammy Latin, setelah namanya sebagai artis pop dimentahkan begitu saja oleh Grammy Awards?

    Editor Team

    COMMENT