Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 19 2021

    Sunny Dahye Buka Suara Usai Terseret Kontroversi dan Tempuh Jalur Hukum

    Kawula Muda, nama Sunny Dahye mencuat setelah dituding menghina orang Indonesia.

    YouTuber asal Korea Selatan. (INSTAGRAM/SUNNY DAHYE)

    Setelah terseret dalam kontroversi, Sunny Dahye akhirnya angkat suara. YouTuber asal Korea Selatan itu memberikan klarifikasi atas kasus yang membelitnya saat ini melalui sebuah video yang ia unggah ke kanal YouTube pada Rabu (18/08/2021).

    Sebelumnya, Sunny Dahye dituding telah menghina orang Indonesia dengan sebutan “miskin” dan “bodoh”. Tak hanya itu, Sunny juga dituduh telah melakukan pembohongan untuk beberapa kontennya.

    Hal tersebut tentu saja membuat warganet marah dan menghujani kolom komentar media sosial Sunny dengan komentar pedas.

    Setelah diam beberapa saat dan menghilang dari media sosial, Sunny Dahye akhirnya buka suara. Dalam video yang ia unggah, Sunny sebelumnya meminta maaf karena tidak langsung memberikan klarifikasi. Hal tersebut terpaksa dilakukan Sunny karena di saat yang bersamaan, sang ayah meninggal dunia.

    “Sebenarnya dalam jangka waktu satu minggu ketika rumor mengenai aku sempat viral, papa aku juga dalam minggu itu meninggal duna,” ujar Sunny seperti yang dikutip dari kanal YouTube SunnydahyeIn pada Rabu (18/08/2021).

    SUNNY DAHYESunny Dahye, YouTuber Korea Selatan yang fasih berbahasa Indonesia. (INSTAGRAM/SUNNY DAHYE)

     

    Sunny mengaku ia membutuhkan waktu untuk mencerna semua permasalahan yang menimpanya. YouTuber yang pernah kuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut mengaku bahwa ia sangat terkejut dengan adanya kasus itu dan perundungan yang ia alami.

    “Jujur pada saat itu aku syok dan juga terluka, dengan ratusan, ribuan komen ancaman dan kata-kata kasar yang seharusnya tidak ditujukan kepada seorang individu,” ujar Sunny.

    Sunny juga merasa terluka karena kecintaannya terhadap Indonesia diragukan.

    “Meskipun aku dalam darah Korea dan warga negara Korea, aku selalu mengidentifikasikan diri aku sebagai orang Indonesia dengan dasar, aku besar di Indonesia dan tinggal hampir seumur hidup aku di Bali,” kata Sunny.

    Sunny menjelaskan bahwa rasanya sangat aneh kalau ia dituduh telah merendahkan negara yang menjadi tempat ia menimba ilmu mulai dari TK, SD, SMP, hingga kuliah. Baginya, Indonesia adalah negara yang sangat dia hormati.

    Sunny juga mengaku bahwa ia merasa lebih nyaman berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia. Ia menganggap bahasa Indonesia sudah seperti bahasa ibu. Perempuan yang pernah tinggal di Bali ini juga mengaku bahwa Indonesia tempat dia belajar sopan santun, tata krama, dan nilai moral.

    Tetapi, ia merasa terluka dengan tudingan dan kata-kata kasar yang ditujukan kepadanya. Ia pun meminta maaf atas kesalahan yang telah dilakukannya.

    “Aku ingin meminta maaf apabla aku sempat melakukan atau mengatakan suatu kesalahan dalam hidup aku, yang aku sendiri jujur kurang bangga,” ucap Sunny.

    “Tapi aku juga tidak sempurna, sama seperti kalian, aku juga manusia dan aku juga pernah membuat kesalahan,” Sunny menambahkan.

    Sementara itu, Sunny juga tidak akan tinggal diam terhadap akun yang telah memberikan beberapa tudingan terhadapnya. Walaupun kini unggahan dari akun @sunnyisliar2 telah di-take down, Sunny tetap akan melanjutkan dengan proses hukum.

    “Aku tidak akan berdiam diri dan membiarkan nama baik aku dipertanyakan dengan alegasi yang salah,” tutur Sunny.

    “Karena itu teman-teman, aku memilih untuk mengambil jalur hukum bersama dengan pengacara aku dan juga sekarang kami sedang dalam tahap laporan ke pihak kepolisian,” Sunny menegaskan.



    Editor Team

    COMMENT