Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 22 2020

    Tesla Milik Elon Musk Akan Bangun Pabrik di Jawa Tengah

    Kawula Muda, apakah betul yah Tesla akan segera bangun pabrik di Jawa Tengah

    Image Caption

    Salah satu pencetus mobil listrik di dunia hebohkan warganet global dengan rencana membangun pabrik di Jawa Tengah, Indonesia. Tesla buatan Elon Musk diduga sedang menjajaki pembangunan pabrik baterai di Indonesia.

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim bahwa dirinya pernah dihubungi oleh pihak Tesla. Mereka berencana membangun pabrik baterai di Indonesia sejak bulan lalu.

    Merek dari Amerika Serikat ini akan membangun pabrik baterai lithium di Indonesia. Tesla tertarik menanamkan modal karena Indonesia memiliki cadangan nikel terbesat di dunia.

    Menurut Luhut, jika Tesla jadi membuka pabrik di Jawa Tengah, akan mengubah Indonesia menjadi negara yang dipandang hebat dan masuk ke global supply chain.

    Rencana pembangunan ini menjadi daya tarik bagi negara lainnya. Salah satunya ialah platform Twitter yang diramaikan cuitan perihal pembangunan Tesla di Indonesia.

    "Tesla is being directed by the government to build its factory in the integrated industrial area of Batang, Central Java, which is being built by the government," cuit @SawyerMerritt

    Cuitan tersebut banyak direspons warganet lainnya, seperti @AdamHoov, yang membahas bahwa Tesla tertarik membuka pabrik baru karena Indonesia menjamin pasokan nikel hingga sewa lahan gratis 10 tahun.

    Pembangunan sektor manufaktur ini dibenarkan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang. Menurut dia, pembangunan Tesla di Indonesia sedang dalam proses diskusi dengan pemerintah.

    Pemerintah pun ikut mengarahkan lokasi pabrik Tesla di kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, yang sedang dalam proses pembangunan.

    Editor Team

    COMMENT