Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 15 2021

    Trending Topic! Sunny Dahye, YouTuber Korea Selatan yang Dituding Hina Orang Indonesia

    Kawula Muda, kamu salah satu follower-nya?

    YouTuber asal Korea Selatan. (INSTAGRAM/SUNNY DAHYE)

    Sunny Dahye, seorang YouTuber terkenal asal Korea Selatan, baru-baru ini menjadi bahan perbincangan panas di media sosial usai dituding telah menghina orang Indonesia. Bahkan nama Sunny Dahye mendadak jadi trending topic Twitter pada Sabtu (14/08/2021).

    Sunny Dahye merupakan salah satu YouTuber Korea Selatan yang cukup terkenal di Indonesia. Walaupun berasal dari Korea Selatan, Sunny Dahye sangat fasih berbahasa Indonesia. Hal inilah yang membuat konten-konten media sosialnya banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

    Kemampuan berbahasa Indonesia Sunny didapat ketika ia menghabiskan waktunya di Bali. Perempuan kelahiran 17 mei 1990 ini memang tumbuh besar di Bali. Ia bahkan melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

    Perkembangan media sosial yang cukup pesat, membuat Sunny Dahye akhirnya terjun sebagai seorang YouTuber dan influencer.

    Permasalahan bermula ketika sebuah akun bernama @sunnyisaliar2 mengunggah sejumlah percakapan melalu Direct Message (DM) dari orang-orang yang mengaku dekat dengan Sunny, mulai dari teman hingga mantan editor konten media sosial Sunny.

    SUNNY DAHYESunny Dahye, YouTuber Korea Selatan yang fasih berbahasa Indonesia. (INSTAGRAM/SUNNY DAHYE)

     

    Unggahan tersebut ramai menjadi perbincangan sejak beberapa akun gosip mengangkat isu ini di timeline mereka. Dalam tangkapan layar yang banyak tersebar di media sosial tersebut, mereka menuduh bahwa Sunny Dahye telah merendahkan orang Indonesia.

    Dari unggahan percakapan itu, Sunny menyebut penonton Indonesia “bodoh” dan “miskin”.

    “Sunny juga pernah bilang sendiri, bagi dia viewers Indonesia itu ‘bodoh’ dan ‘miskin’ makanya lebih mudah dibodohin. Channel Inggris dia nggak dilanjutin karena banyak orang english speaking yang sadar gelagat aneh dia contohnya kaya gimana cara dia treat gamja (anjing peliharaan Sunny) yang salah banget,  ditinggal di apartemen tanpa AC nyala waktu summer? Bayangin aja sepanas apa Korea,” bunyi pengakuan yang diunggah dalam akun @sunnyisaliar2

    Tak hanya itu, akun tersebut juga menyebutkan bahwa konten yang dibuat oleh Sunny banyak membohongi masyarakat Indonesia.

    Salah satunya adalah konten yang menyebutkan bahwa dia sedang berpuasa. Menurut pengakuan sang teman, saat itu Sunny sebenarnya tidak puasa.

    “Oh iya bener, konten puasa juga semua settingan. Aku non-is tapi aku ga setuju sama penggunaan kedok ‘agama’ untuk cari likes dan views,” bunyi pengakuan mereka.

    “Waktu konten puasa bahkan dia sempet makan mcd sama hotpot with me, begitu camera on dia bilang lagi sama temen temen tapi dia ga makan. Waktu selesai take, yah dia makan aja gitu bareng sama kita. Itu pertama kali aku sadar ada yang ga beres sama dia, karena sebelumnya aku kira dia orang yang pure dan tulus gitu loh,” kata mereka.

    Tak hanya menyoroti tingkah Sunny Dahye, sang suami, Chris Okano, juga mendapat tanggapan dari teman-temannya.  Menurut mereka, Chris yang terlihat seperti pria baik ternyata telah membuat Sunny menjauh dari teman-teman lamanya.

    Unggahan dari akun @sunnyisaliar2 itu langsung saja mendapatkan beragam komentar dari warganet. Banyak yang tidak menyangka bahwa Sunny mampu melakukan hal yang dituduhkan padanya. Hingga kini, baik Sunny Dahye ataupun sang suami belum memberikan klarifikasi apapun tentang tuduhan yang diarahkan kepadanya.


    Editor Team

    COMMENT