Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 29 2021

    TWICE Ukir Sejarah di Industri Musik Jepang dengan Raih Sertifikat Platinum Streaming

    Kawula Muda, prestasi ini baru pertama kali didapat oleh musisi perempuan K-Pop.

    TWICE, girlgroup K-Pop di bawah naungan JYP Entertainment. (TWITTER)

    Popularitas TWICE di Jepang memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan baru-baru ini, TWICE menorehkan prestasi tinggi di industri musik Jepang.

    Grup yang berada di bawah naungan JYP Entertainment tersebut mengukir sebuah sejarah baru dengan mendapatkan sertifikasi platinum untuk kategori online streaming dari Recording Industry Association Japan alias RIAJ. TWICE mendapatkan sertifikasi tersebut berkat lagu mereka yang hits di 2019 berjudul Feel Special.

    Sertifikasi untuk kategori online streaming yang dikeluarkan oleh RIAJ ini memang baru diterapkan pada 2020. Untuk kategori baru ini, pihak RIAJ akan menghitung banyaknya streaming secara online dari sebuah lagu yang dibawakan oleh penyanyi.

    Menurut sistem sertifikasi yang dibuat oleh RIAJ tersebut, sebuah lagu akan mendapatkan sertifikat Silver jika berhasil meraih 30 juta streaming. Sementara itu, untuk sertifikasi Gold akan diberikan jika lagu tersebut meraih 50 juta streaming.

    Untuk lagu yang mendapat 100 juta streaming akan mendapatkan sertifikasi Platinum. Per Maret 2021, lagu Feel Special yang dibawakan oleh TWICE berhasil meraih 100 juta streaming di Jepang.

    Oleh karena itu, pihak RIAJ pun memberikan sertifikasi Platinum kepada TWICE. Sebelumnya TWICE sudah pernah mendapatkan sertifikat platinum dari RIAJ.

    Sebanyak 14 sertifikat dari RIAJ telah berhasil mereka kantongi. Namun, untuk kategori streaming, ini menjadi kali pertama bagi mereka.

    Dengan diraihnya sertifikasi ini, TWICE menjadi penyanyi perempuan luar negeri pertama yang berhasil mendapatkan sertifikat Platinum untuk kategori streaming di Jepang.

    Secara keseluruhan, sertifikat platinum RIAJ sebelumnya diraih oleh BTS dengan lagu hits mereka Dynamite. Selain itu, beberapa idol K-Pop tercatat baru mendapatkan sertifikat Gold dengan jumlah streaming mencapai 50 juta. Mereka adalah MAMAMOO dengan lagu HIP, BLACKPINK dengan Kill This Love, dan BTS dengan lagu berbahasa Jepang Your Eyes Tell.

    BTS juga mencatatkan beberapa lagu yang berhasil meraih sertifikat Silver dengan lagu Anpanman dan Euphoria. Sertifikat Silver juga diberikan kepada Shaun dengan lagu Way Back Home yang berhasil meraih 30 juta streaming.

    TWICE kabarnya tengah melakukan persiapan untuk comeback mereka pada Juni mendatang. Beberapa waktu lalu mereka dikabarkan telah mlakukan syuting video klip di Pulau Jeju.

    Pada 12 Mei 2021, TWICE juga akan merilis lagu berjudul KURA KURA.


    Editor Team

    COMMENT