Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 09 2021

    Usai Viral dan Tuai Kecaman karena Pakai Suara Azan Diremix, Mnet Akhirnya Minta Maaf

    Kawula Muda, mudah-mudahan kejadian seperti itu enggak terulang lagi ya!

    Para pengisi acara "Street Woman Fighter" di Mnet. (INSTAGRAM/MNET)

    Stasiun televisi Korea Selatan, Mnet, akhirnya meminta maaf setelah mendapat kecaman dari umat muslim di dunia usai menggunakan potongan suara azan yang diremix untuk program acara Street Woman Fighter.

    Beberapa waktu lalu, Mnet baru saja menayangkan episode terbaru dari program Street Woman Fighter. Acara yang dipandu oleh Kang Daniel dan Psy sebagai juri ini merupakan acara survival yang menampilkan 8 kru tari perempuan di mana mereka akan saling berkompetisi untuk menjadi pemenang.

    Sayangnya, di awal tayangan, terdengar latar belakang lagu yang digunakan untuk program tersebut mirip dengan potongan suara adzan. Walaupun terdengar sayup-sayup, banyak yang menduga pihak Mnet menggunakan suara azan yang diremix dengan musik lain.

    Hal ini tentu saja langsung menuai kemarahan dan aksi protes dari banyak pihak, terutama umat muslim di dunia yang merasa tersinggung karena azan merupakan panggilan untuk sholat bagi mereka. Mnet dinilai tidak menghargai umat Islam dan meminta agar stasiun televisi itu meminta maaf.

    Selain mengkritik Mnet, warganet juga turut meluapkan kekesalan mereka dengan menaikkan beberapa tagar di Twitter seperti  #mnetapologize, #ADZANBUKANMAINAN, dan #MNETDisrespectAdzan hingga menjadi trending topic.

    Usai viral dan tuai kecaman, pihak Mnet akhirnya mengunggah permintaan maaf mereka melalui akun Instagram @mnet_dance pada Rabu (08/09/2021).

    “Atas nama tim produksi Mnet Street Woman Fighter, kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus terkait soundtrack yang digunakan dalam pembukaan episode pertama Street Woman Fighter,” tulis pihak Mnet.

    Dalam pernyataannya, Mnet menjelaskan bahwa lagu yang dipakai untuk intro program tersebut sebenarnya telah terdaftar resmi di situs streaming. Karena dinilai cocok dengan program, pihak produksi pun memakai lagu tersebut.

    “Tim produksi melihat bahwa suara elektronik dari lagu tersebut cocok sebagai musik latar program. Kami tidak memiliki niat lain,” Mnet menambahkan.

    Untuk menebus kesalahan mereka, pihak Mnet menyebutkan bahwa mereka akan mengganti musik latar azan yang telah diremix tersebut dan mengunggah ulang tayangan.

    “Mnet akan terus mendengarkan pendapat pemirsa di seluruh dunia. Kami mengapresiasi perhatian semuanya terhadap Mnet Street Woman Fighter,” tulis pihak Mnet mengakhiri pernyataan mereka.

    Editor Team

    COMMENT