Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 02 2020

    Yesterday, Lagu The Beatles paling Sering Dicover

    Hai Kawula Muda, ternyata lagu yang paling sering dicover di dunia adalah lagu Yesterday milik The Beatles.

    The Beatles (INSTAGRAM/THE BEATLES)

    Yesterday merupakan salah satu lagu The Beatles yang paling terkenal. Bahkan hingga kini lagu ini masih menjadi favorit banyak orang.

    Tidak hanya favorit untuk didengar, Yesterday tenyata tercatat dalam rekor dunia sebagai lagu yang paling banyak di-cover atau direkam dan dinyanyikan ulang oleh penyanyi lain, dibandingkan lagu apa pun yang pernah diciptakan.

    Menurut Guinness Book Of Records, terdapat lebih dari 3000 cover untuk lagu Yesterday. Lagu yang diciptakan oleh Paul McCartney tersebut memang layak untuk mendapat cover sebanyak ini karena liriknya mudah diingat dan enak didengar.

    Lagu melankolis yang bertutur tentang hancurnya sebuah hubungan cinta dan berbentuk balada gitar akustik ini memang begitu legendaris. 

    Setelah The Beatles, pemusik lain yang juga membawakan lagu ini adalah Jose Feliciano, Michael Bolton, Elvis Presley, Bob Dylan, Marianne Faithfull, Joan Baez, Frank Sinatra, Ray Charles, Matt Monro, Marvin Gaye, Jan & Dean dan Zarah Leander, Frank Sinatra, Boyz II Men, Daffy Duck, Eva Cassidy, dan Linkin Park.

    Kisah terciptanya Yesterday 

    Walaupun disebutkan sebagai karya John Lennon dan Paul McCartney, tetapi sesungguhnya lagu ini hanya ditulis oleh Sir Paul. 

    Kisah Yesterday dimulai pada suatu pagi, ketika salah satu personel The Beatles, Paul McCartney, terbangun dari mimpi dengan melodi di kepalanya. Dia segera memainkan melodi ini dengan piano agar tidak lupa. 

    McCartney menghabiskan beberapa minggu meminta pendapat rekan-rekannya sesama anggota The Beatles dan menanyai banyak orang, apakah mereka mengenal melodi ini. Selanjutnya Paul memutuskan untuk membuatnya menjadi sebuah lagu. Ia pun menulis lirik lagu Yesterday seperti yang kita kenal sekarang.

    Perekaman akhir lagu ini agak berbeda dibandingkan lagu-lagu The Beatles lainnya. Tiga anggota band, yakni John Lennon, George Harrison, dan Ringo Starr menolak meluncurkan lagu ini sebagai single di Britania Raya, sehingga tidak pernah menjadi nomor 1 di sana.

    Karenanya, Yesterday menjadi lagu pertama The Beatles yang tidak menampilkan semua personelnya. Bahkan, hanya menampilkan Paul McCartney dengan didampingi kuartet gesek.

    Mirip lagu lain

    Dalam sejarahnya, Yesterday pernah diklaim memiliki kesamaan dengan beberapa lagu. 

    Seorang produser Italia menyatakan bahwa lagu tersebut diambil dari sebuah lagu Neapolitan abad ke-19. Lagu itu digubah di Napoli pada 1895 dan diklaim sangat mirip sekali dengan komposisi lagu Yesterday. 

    Selain itu, seorang musikologis Inggris, Spencer Leigh, mengatakan bahwa lagu Yesterday telah diilhami oleh lagu Answer Me yang dibawakan Nat King Cole.

    Editor Team

    COMMENT