Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 19 2021

    Youn Yuh Jung Jadi Aktris Korea Pertama yang Raih Nominasi Oscar Berkat Film “Minari”

    Kawula Muda, usia benar-benar bukan alangan bagi aktris yang satu ini untuk terus berkarya.

    Aktris Korea Selatan, Youn Yuh Jung. (INSTAGRAM/MINRAI)

    Selebritas senior Youn Yuh Jung menjadi aktris asal Korea Selatan pertama yang meraih nominasi Academy Awards (Piala Oscar) dalam kategori akting. Dia juga merupakan satu-satunya aktris Asia yang dinominasikan tahun ini.

    Perempuan berusia 73 tahun itu dinominasikan sebagai Best Supporting Actress atas perannya sebagai Soon Ja dalam film Minari.

    Minari merupakan film Amerika yang bercerita tentang kisah keluarga migran asal Korea Selatan yang ingin membangun kehidupan baru setelah memutuskan pindah dari California ke wilayah pedesaan di Arkansas, pada era 1980-an.

    Kata ‘minari’ diambil dari nama tanaman sejenis seledri yang sering digunakan sebagai bahan makanan di Korea.

    Soon Ja membawa bibit minari dari Korea Selatan ketika anaknya memintanya datang ke Amerika Serikat untuk menjaga sang cucu. Tak disangka, tanaman minari justru tumbuh subur di Amerika, yang menjadi harapan baru bagi keluarga mereka, di tengah kesulitan hidup yang dialami.

    Youn Yuh Jung telah berkarier di dunia seni peran sejak 1967 dan namanya telah dikenal luas sebagai ikon legendaris perfilman di Korea Selatan.

    Saat namanya di puncak karier setelah membintangi film Woman of Fire (1971), Youn beristirahat dari dunia akting. Ia menikah dengan penyanyi Jo Youn Nam pada 1975 lalu memutuskan pindah ke Amerika Serikat dan tinggal di sana hampir satu dekade.

    Pada 1984 ia kembali ke Korea untuk melanjutkan karier aktingnya, sebelum bercerai dari suaminya pada 1987. Sejak itu ia lebih banyak membintangi serial drama dan film Korea termasuk film The Housemaid (2010), The Taste of Money (2012), The Bacchus Lady (2016), dan Canola (2016).

    Lebih dari setengah abad dari debutnya sebagai aktris, akhirnya ia menempatkan namanya di penghargaan film paling bergengsi di dunia untuk pertama kalinya, berkat film Minari.

    Pencapaian ini menjadi angin segar bagi dunia perfilman Korea Selatan dan Asia pada umumnya. Tahun lalu, film Korea Selatan, Parasite, berhasil menang sebagai film terbaik Oscar.

    Film tersebut juga mengantarkan sutradara asal Kora Selatan, Bong Joon-Hoo, menang sebagai sutradara terbaik, mengalahkan sutradara-sutradara senior Hollywood. Namun, tahun lalu tidak satu pun aktor maupun aktris film tersebut mendapat nominasi Oscar.

    Tahun ini, meskipun secara teknis Minari adalah film Amerika, sebagian besar pemeran utamanya adalah keturunan Korea Selatan. Sang sutradara, Lee Isaac Chung, juga merupakan keturunan Korea.

    Cerita dalam film ini juga diambil dari kisah pribadi Isaac yang hidup dalam keluarga migran asal Korea dan sebagaian dialog film menggunakan bahasa Korea.

    Editor Team

    COMMENT