Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 22 2020

    YouTuber Muda dan Kaya Raya

    Kawula Muda, ini sepertinya definisi kecil-kecil cabe rawit

    Ryan Kaji di YouTube-nya (YouTube)

    Siapa yang sangka kalau YouTuber terkaya 2020 justru adalah anak berumur 9 tahun? 

    Ryan Kaji, influencer yang berfokus pada konten review dan unboxing mainan anak telah menjadi YouTuber terkaya selama tiga tahun berturut-turut.

    Ryan’s World, channel miliknya telah memiliki 41,7 juta pengikut dan sudah ditonton lebih dari 12,2 miliar kali. Anak ini tidak hanya memiliki satu channel YouTube, tetapi punya 9 akun dengan Ryan’s World yang paling laku.

    Pendapatannya dari YouTube bisa mencapai 29,5 juta USD atau sekitar Rp 416 miliar pada tahun ini.

    Hal ini belum termasuk pendapatan dari kontrak kerja sama Ryan dengan Marks & Spencer dalam usaha piyama dan serial TV di Nickelodeon.


    Dari kedua kontrak tersebut, Ryan dikabarkan mendapat pendapatan hingga lebih dari 200 juta USD atau Rp 2,8 triliun. 

    Berawal dari video unggahan orang tuanya pada 2015, Ryan menjadi YouTuber berpengaruh untuk penonton muda khususnya segmentasi pre-school.

    Tidak berjalan dengan mulus, Ryan dihadapkan dengan tuduhan dari kontennya. Salah satu akunnya, Ryan Toys Review diketahui menyematkan rekomendasi produk berbayar oleh Komisi Perdagangan AS. 

    Hampir 9 persen dari videonya menganjurkan anak-anak untuk berbelanja saat menonton kontennya. Hal ini dinilai tidak etis, terlebih konten Ryan ditujukan bagi anak-anak yang belum bisa membedakan iklan dan ulasan.

    Editor Team

    COMMENT