Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 07 2022

    10 Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

    Hai Kawula Muda, mau tahu negara paling damai di dunia?

    Islandia, negara paling damai di dunia. (INSTAGRAM/ICELAND EXPLORE)

    Tinggal di negara yang tenang dan damai, tentu jadi idaman banyak orang. Tapi, bagaimana ya cara mengukur kedamaian suatu negara? 

    Nah, sebuah lembaga riset  internasional berbasis di London, Inggris, memiliki caranya sendiri. Lembaga ini mengukur kedamaian suatu negara dari tiga domain.

    Pertama, yaitu tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat. Kedua dari tingkat konflik domestik dan internasional yang berkelanjutan, dan ketiga adalah dari tingkat militerisasi sebuah negara. 

    Lembaga bernama Institute for Economics and Peace (IEP) tersebut, baru-baru ini merilis Global Peace Index 2022 yang mengukur perdamaian global. 

    Menurut laporan mereka, 2 dari 5 negara yang mengalami penurunan perdamaian paling parah di dunia adalah Rusia dan Ukraina, mereka bergabung dengan Guinea, Burkina Faso dan Haiti. Semua kemerosotan ini disebabkan oleh konflik yang kini tengah berlangsung. 

    ISLANDIAIslandia, negara paling damai di dunia. (INSTAGRAM/ICELAND EXPLORE)

     

    Islandia dinobatkan sebagai negara paling damai. Posisi tersebut telah dipegangnya sejak 2008. Menyusul Islandia adalah Selandia Baru, Irlandia, Denmark, dan Austria.

    Secara keseluruhan IEP mengukur indeks kedamaian dari 163 negara dan wilayah independen di seluruh dunia, yang terdiri dari sekitar 99,7 persen dari total populasi dunia yang menganalisis negara mana yang paling damai, dan mana yang paling berbahaya.

    Berikut ini adalah 10 negara paling damai di dunia berdasarkan skor indeks perdamaian global 2022: 

    1. Islandia
    2. New Zealand
    3. Irlandi
    4. Denmark 
    5. Austria
    6. Portugal
    7. Slovenia
    8. Republik Ceko
    9. Singapura
    10. Jepang

    Indonesia peringkat ke-47

    Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Ternyata, Indonesia ada di peringkat ke-47 dari 163 negara, menurun dari peringkat tahun sebelumnya yaitu ke-42. 

    Indonesia dianggap tidak cukup damai karena sejumlah aksi demonstrasi massal, aktivitas terorisme, angka kriminal, hingga ketidakstabilan politik. 

    Peringkat Indonesia tahun ini jauh lebih jelek dibanding negara tetangga seperti Singapura di peringkat ke-9 dan Malaysia di peringkat ke-18.


    Editor Team

    COMMENT