Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 26 2022

    4 Waktu “Terlarang” Minum Teh, Bisa Jadi Bahaya!

    Hai Kawula Muda, minum teh ternyata ada waktu terlarangnya ya.

    Minuman teh. (FREEPIK)

    Salah satu minuman yang digemari oleh hampir semua kalangan adalah teh. Minuman ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan fungsi otak dan mencegah diabetes tipe 2.

    Namun, teh juga bisa memberi dampak buruk bagi tubuh apabila diminum di waktu yang kurang tepat.

    Dikutip dari HealthShots, berikut 4 waktu yang tidak dianjurkan untuk minum teh, terutama jenis teh hijau.

    1. Setelah minum obat

    Minum teh bersamaan dengan atau tepat setelah minum pil bisa berbahaya. Sebab, bahan kimia yang ada di dalam obat dapat bereaksi dengan teh hijau yang bisa menyebabkan keasaman.

    Karenanya, bagi yang terbiasa minum obat dengan secangkir teh hijau, sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Mulai sekarang, lebih baik minum obatnya pakai air putih (mineral) saja ya.

    MINUM TEHIlustrasi minum teh. (FREEPIK)

      

    2. Bersama atau sesaat setelah makan

    Teh hijau memang baik dan bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, tetapi jika minum teh bersama dengan makan atau sesaat setelahnya, ternyata bisa mengurangi penyerapan nutrisi dari makanan.

    Hal itu dikarenakan dapat membuat kekurangan nutrisi dalam jangka panjang. Jadi, cobalah menjaga jarak setidaknya satu jam antara waktu makan dan minum teh hijau.

    3. Saat perut kosong

    Banyak yang memercayai, minum teh hijau saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Faktanya, antioksidan kuat dan polifenol yang ada dalam teh cenderung meningkatkan produksi asam lambung yang mungkin dapat mengganggu perut. Jadi, hati-hati ya..

    4. Sebelum tidur

    Minum the hangat sebelum tidur, rasanya memang nikmat. Tapi, bagi yang memiliki masalah tidur, sebaiknya hindari mengonsumsi teh hijau terlalu dekat dengan waktu tidur.

    Meski dikenal karena sifatnya yang menenangkan, kandungan kafein dalam teh dapat mengganggu pelepasan melatonin, sehingga mencegah tidur jadi nyenyak.

    Editor Team

    COMMENT