Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 13 2022

    5 Cara agar Mahasiswa Lulus Tepat Waktu!

    Kawula Muda, pastikan semua kewajiban di kampus sudah lo penuhi ya.

    Ilustrasi acara kelulusan mahasiswa. (PAXEL)


    Kuliah merupakan proses untuk menambah ilmu pengetahuan dengan pendidikan formal. Siapa yang tidak ingin kuliah berjalan dengan lancar dan lulus tepat waktu? 

    Semua pasti ingin lulus tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Berikut merupakan lima hal yang harus dilakukan agar kuliah selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal.

    1. Mengambil SKS sesuai kemampuan

    Kelas OnlineIlustrasi mengikuti kelas online. (iSTOCKPHOTO)

     

    Pada dasarnya, dengan mengambil SKS banyak akan mempersingkat waktu. Namun, kamu harus mampu menilai kemampuan diri kita sendiri. Dengan mengambil SKS sesuai kemampuan dapat belajar maksimal. Sehingga kamu dapat meraih nilai yang memuaskan.

    Misalkan kamu hanya mampu mengambil 22 SKS, dipaksakan mengambil 24 SKS. Tentu saja ini sangat berpengaruh walaupun hanya perbedaan dua SKS.

    2. Pandai mengatur waktu belajar

    BelajarIlustrasi belajar. (PAXELS)

     

    Dalam satu hari kamu dapat meluangkan waktu khusus untuk belajar. Waktu belajar harus dilakukan secara teratur dan sesuai jadwal. Dengan melakukan hal tersebut kamu akan terbiasa belajar.

    Namun, harus ada juga waktu untuk kamu istirahat. Dengan adanya waktu istirahat, pikiran kamu akan fresh kembali untuk mulai belajar.

    3. Pilih teman angkatan

    MahasiswaIlustrasi beberapa mahasiswa. (PAXELS)

     

    Teman dalam satu angkatan juga sangat mempengaruhi dalam waktu kelulusan. Kita dapat bertukar pikiran dengan teman yang memiliki motivasi yang sama. 

    Berbeda dengan teman bermain, teman belajar ini dapat membuat kita lebih semangat. Kalian juga bisa saling memotivasi untuk lulus bersama dengan tepat waktu.

    4. Membangun relasi yang baik dengan dosen

    dosen dan mahasiswaIlustrasi dosen dan mahasiswa. (PAXELS/Jose Aljovin)

     

    Ada kalanya kamu tidak senang dengan dosen yang membimbing tugas akhir atau skripsi. Namun, dengan pikiran seperti itu akan menghambat dalam proses menuju kelulusan.

    Kamu harus menanamkan pikiran bahwa dosen akan membantu kita. Dosen akan senang jika kita melakukan apa yang mereka harapkan. Sehingga tugas akhir atau skripsi kamu akan lancar.

    5. Dukungan orang spesial

    Ilustrasi keluargaIlustrasi keluarga. (PAXELS)

     

    Dukungan dari mereka akan membuat kamu semangat untuk menyelesaikan tugas akhir maupun skripsi. Orang spesial bisa meliputi teman terdekat, keluarga, atau kekasih. Mereka bisa mendukung dengan memberikan semangat atau mengingatkan kamu untuk belajar. 

    Orang spesial ini juga tentu akan memberikan dorongan atau dukungan moral agar kamu lebih semangat dalam membuat tugas akhir atau skripsi. Jadikan mereka motivasimu, buat mereka bangga dengan hasil yang kamu capai nanti.

    Itu dia beberapa hal yang Prambors rangkum agar kuliahmu lancar dan lulus tepat waktu. Semoga bermanfaat ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT