Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 01 2021

    5 Danau Indah di Indonesia Wajib Dikunjungi

    Kawula Muda, keindahan alam Indonesia memang enggak ada duanya!

    (danau kelimutu/ freepik.com)

    Bingung mau liburan kemana? Wisata danau bisa jadi alterntif liburan yang menarik. Berikut daftar wisata danau di Indonesia yang bisa dikunjungi.

    1. Danau Kelimutu (NTT)

    Berada di ketinggian 1800 di atas permukaan laut, pasti membutuhkan fisik yang prima untuk bisa sampai ke atas. Ada dua cara untuk bisa sampai ke puncak Gunung Kelimutu. Pertama, berjalan lewat jalur trekking dan cara kedua yang termudah dengan naik kendaraan khusus yang bisa disewa.

    Danau Kelimutu merupakan danau yang terbentuk dari kawah vulkanis Gunung Kelimutu yang berada di wilayah Desa Pemo, Ende Flores. Keunikan danau ini adalah warna danau yang dapat berubah akibat kandungan mineral di dalamnya sehingga dikenal sebagai danau tiga warna.

    2. Danau Toba (Sumatera Utara)

    Danau ini adalah danau terluas di Indonesia. Dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer serta kedalaman 505 meter. Danau ini juga menjadi yang terdalam kedua di Indonesia setelah Danua Matano di Sulawesi Selatan yang memiliki kedalaman 590 meter.

    Keunikan Danau Toba ini adanya Pulau Samosir di tengah danau. Banyak hiburan dan atraksi di Pulau Samosir, mulai dari berkayak, flying fox, hingga wisata kuliner. Sama seperti Danau Kelimutu, Danau Toba terbentuk akibat letusan Gunung Toba yang dahsyat di masa purba.

    3. Danau Batur (Bali)

    Liburan ke Bali jangan lupa mengunjungi Danau Batur. Berada di wilayah Bangli, Kintamani. Danau ini berada dalam kaldera Gunung Batur yang masik aktif. Berada di ketinggian 1080 mdl, Danau Batur menawarkan panorama alam yang indah. Sambil menikmati sejuknya hawa pegunungan pegunungan, di sini juga bisa merasakan sensasi mandi air panas atau sekedar berfoto sambil minum kopi Kintamani. Pada 2015, Danau Batur telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Global Eco Park.

    4. Danau Labuan Cermin (Kalimantan Timur)

    Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Butuh enam jam perjalanan darat dari kota kabupaten Berau, Tanjung Redeb hingga sampai ke Danau Labuan Cermin.

    Danau ini dinamakan Labuan Cermin karena airnya sangat jernih seperti cermin. Keunikan danau ini adalah airnya memiliki dua rasa yakni asin dan tawar. Di sini kalian bisa berenang sambil snorkeling karena kedalaman danau yang hanya lima meter.

    5. Danau Sentani (Papua)

    Terletak 50 kilometer dari Kota Jayapura, Danau Sentani memiliki luas 9.000 hektar dengan panorama yang indah. Supaya puas melihat pemandangan di Danau Sentani, para pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau. Bila berkunjung pada bulan Juli maka kalian juga bisa menikmati festival pertunjukan adat Papua.

    Editor Team

    COMMENT