Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 01 2020

    5 Hal yang Bisa Cegah Self Harm, Sayangi Diri Sendiri!

    Kawula Muda, sayangi dirimu ya...

    Ilustrasi bahagia. (FREEPIK.COM)

    Kesadaran untuk mencegah perilaku self harm atau menyakiti diri sendiri harus dimulai sedini mungkin. Sebelum lanjut kepada macam-macam cara pencegahan, sebenarnya apa sih arti self harm?

    Terdiri dari dua kata yang berasal dari Bahasa Inggris, self artinya diri sendiri sedangkan harm yang berarti merugikan atau membahayakan. Self harm adalah istilah yang digunakan untuk perilaku menyakiti diri sendiri dalam upaya untuk mengatasi rasa sedih atau tekanan emosional yang tinggi.

    Berbagai contoh tindakan yang termasuk self harm antara lain menyayatkan pisau ke pergelangan tangan, membenturkan kepala ke dinding, meminum obat dengan dosis berlebihan, meminum alkohol sepanjang malam, bahkan yang paling bahaya adalah munculnya keinginan bunuh diri dengan cara yang menyakitkan.

    Jangan sampai terjadi, berikut lima hal yang dapat dilakukan untuk mencegah self harm

    1. Minum air hangat

    AIR PUTIHAir putih. (FREEPIK.COM)

     

    Minum air hangat ketika keadaan hati dan pikiran sedang kacau merupakan pilihan yang tepat. Mengapa? Selain sangat berguna untuk kesehatan fisik, air hangat juga memiliki khasiat untuk memperbaiki kondisi psikologis. Mampu menenangkan sistem saraf pusat, air hangat bisa mengurangi rasa stres dan cemas berlebihan.

    2. Mandi air dingin

    MANDIPerempuan sedang mandi. (FREEPIK.COM)

     

    Mampu meringankan stres, mandi air dingin bisa menjadi aktivitas yang dapat segera dilakukan dengan mudah saat terlintas keinginan untuk menyakiti diri sendiri karena kesedihan yang tidak kunjung reda.

    Mandi air dingin dapat membuatmu menjadi lebih tenang dan rileks menghadapi situasi yang tidak menyenangkan.

    3. Genggam es batu

    ES BATUEs batu. (FREEPIK.COM)

     

    Segera ke kulkas, buka freezer, ambil es batu, dan genggam es batu tersebut sekuat mungkin!

    Bayangkan, segala emosi baik marah maupun kesedihan yang dialami akan berpindah ke es batu, dan akan menguap sejalan dengan cairnya es batu tersebut. Sensasi dingin dan rasa ngilu yang dihasilkan mampu mengalihkan pikiran untuk menyakiti diri sendiri.

    4. Gigit buah lemon

    LEMONBuah lemon. (FREEPIK.COM)

     

    Kalau tidak ada es batu di kulkas, coba cari buah lemon! Jangan gunakan pisau untuk menyakiti diri, melainkan untuk mengiris lemon. Setelah diiris, gigit lemon dan resapi rasa asam yang kuat dari buah berwarna kuning tersebut. Tahan untuk beberapa detik. Hal tersebut mampu membuat pikiranmu terdistraksi dari hal-hal yang negatif.

    5. Tulis momen-momen hebat di dalam hidup!

    DIARYDiary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

     

    Terakhir, cari kertas dan pulpen. Lawan rasa sedihmu dengan menulis momen-momen yang disukai dalam hidup! Selain itu, tulis semua kebaikan dan kerja keras yang telah dilalui, jangan ada yang terlewat.

    Sekecil apa pun kemajuan yang pernah kamu capai, tulis! Setelah dirasa sudah cukup banyak, baca kembali tulisanmu. Renungkan dan rasakan kebanggaan di dalam dirimu bahwa kamu sangat berharga dan dibutuhkan di dunia ini.

    Tidak ada masalah kamu menangis dan marah karena keadaan, bahkan manusiawi jika sesekali dihinggapi rasa menyerah dan lelah untuk berjuang. Namun, menyakiti diri bukan solusi. Lawan! Kamu hebat!

    Editor Team

    COMMENT