Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 08 2020

    5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Stop Rasisme di Sekitarmu

    Kawula Muda, tahu kan kalau bersikap rasisme itu hal yang tidak baik?

    Stop rasisme. (FREEPIK)

    Di tengah perjuangan melawan virus corona yang sedang mewabah, dunia kembali dikejutkan dengan kasus kematian George Floyd pada 25 Mei 2020 di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS).

    Kematian George yang meninggal di kaki Derek Chauvin, aparat polisi setempat, dinilai bukan sebagai kasus biasa. Disinyalir, sikap rasisme menjadi pemicu utama kejadian tragis tersebut.

    Dampaknya, kasus ini membangkitkan kemarahan warga AS yang berujung unjuk rasa, dan terus bergulir hingga hari ini. Bukan hanya di AS, banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, turut konsentrasi dalam penyelesaian kasus ini.

    Adanya kasus ini membuka mata banyak orang bahwa rasisme merupakan hal yang buruk dan berbahaya. Munculnya tagar #BlackLivesMatter di seluruh media sosial pun mengingatkan bahwa semua nyawa manusia sama berharganya, tidak peduli apa pun ras dan warna kulitnya.

    Kira-kira bagaimana ya caranya menghentikan rasisme? Tidak perlu langkah besar yang mendunia, mulai saja dengan langkah kecil yang mudah untuk dilakukan.

    Berikut ini lima hal yang bisa dilakulan untuk memberhentikan rasisme di sekitar kita.

    1) Pahami bahwa rasisme hal yang terlarang untuk dilakukan. Semuanya mulai dari diri sendiri. Harus mengerti terlebih dahulu bahwa anti-rasisme adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

    2) Jangan pernah menghina atau memperolok orang lain hanya karena ras atau warna kulitnya, meskipun dengan alasan bercanda.

    3) Gunakan platform media sosialmu untuk bersuara. Tidak perlu menjadi aktivis atau selebgram untuk turut andil vokal dalam menyebarkan kebenaran. Tidak usah berkecil hati untuk jumlah like dan share yang tak seberapa. Satu suara selalu berharga.

    4) Ikuti kampanye dan gerakan positif yang ada. Tetapi ingat, sebelum ikut kampanye, pastikan bahwa kita paham esensi dan latar belakang dari gerakan tersebut. Teliti sebelum bergerak, ya!

    5) Terakhir, berdonasi dan isi petisi. Mudah dilakukan, tetapi besar dampaknya. Bantu saudara-saudara yang sedang berjuang melawan rasisme dengan menyisihkan sedikit rezeki, juga tanda tanganmu.

    Besar kecilnya perubahan yang kita buat akan selalu menghasilkan dampak. Stop rasisme!

    Editor Team

    COMMENT