Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 19 2022

    5 Hal yang Harus Dilakukan agar Cepat Dapat Kerja

    Tetap semangat dan optimis, ya, Kawula Muda!

    Ilustrasi orang yang sedang mencari pekerjaan. (PEXELS)

    Di zaman sekarang, mendapatkan pekerjaan bukanlah proses yang singkat, bahkan bisa membutuhkan waktu untuk berbulan-bulan lamanya. Namun, semua jerih payah itu pada akhirnya bakal terbayarkan ketika kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang kamu dambakan.

    Bagi para job seeker yang telah mengirimkan banyak lamaran kerja, tapi malah masih belum  juga mendapat panggilan. Berikut Prambors rangkum terkait beberapa hal yang bisa Kawula Muda coba lakukan, di bawah ini!

    1. Memperbaiki kesalahan dalam melamar kerja

    Surat Lamaran KerjaIlustrasi surat lamaran kerja. (PEXELS)

     

    Bagi kamu yang tak kunjung mendapat pekerjaan pasti ada alasannya. Bisa jadi CV kamu kurang menarik dan informasi yang tercantum di dalamnya tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar, atau format surat lamaran kerjamu masih berantakan.

    Sehingga hal yang mesti kamu lakukan, memeriksa kembali seluruh dokumen lamaran kerjamu, mungkin masih ada hal keliru yang menyebabkan penilaian perekrut terhadap lamaranmu. Jadi sebelum melamar pekerjaan yang berikutnya, pastikan persiapanmu sudah matang.

    2. Mengunjungi job fair

    job fairIlustrasi seseorang mengunjungi job fair. (UNSPLASH)

     

    Selain melalui email atau pos, melamar kerja juga bisa dengan cara mengunjungi job fair. Di sana akan hadir banyak perusahaan yang bisa kamu pilih untuk kamu lamar.

    3. Mengirim lamaran kerja ke banyak tempat

    Lamaran KerjaIlustrasi melamar kerja

     

    Setelah mengirim CV ke perusahaan yang disuka, kamu juga harus mencoba mengirimkannya ke beberapa perusahaan yang dipilih. Cara ini sendiri layak kamu coba jika sangat membutuhkan pekerjaan dalam waktu dekat.

    4. Mencoba mencari freelancer

    freelanceIlustrasi pekerja freelance. (ISTOCKPHOTO)

     

    Selama menganggur, kamu masih bisa mendapatkan pemasukan dengan mencoba peruntungan bekerja sebagai seorang freelancer. Apalagi, akhir-akhir ini bayaran freelancer enggak kalah dengan pegawai fulltime

    Ada banyak juga kategori pekerjaan yang tersedia untuk freelancer, seperti menulis, mengedit video, memotret, menerjemahkan, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal menyesuaikan dengan minat dan keterampilan yang kamu miliki.

    5. Berlatih wawancara kerja

    WawancaraIlustrasi seseorang berlatih wawancara. (ISTOCKPHOTO)

     

    Saat lamaran kerjamu diterima, biasanya tahapan selanjutnya yang mesti kamu lewati adalah interview.

    Kamu akan ditanyai sejumlah pertanyaan mengenai latar belakang mu, pengalaman kerja, sampai motivasi bekerja. Oleh karena itu, sambil menunggu undangan interview, kamu bisa mulai berlatih dari sekarang.

    Nah, coba terapkan lima hal di atas saat kamu mencari kerja. Good luck Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT