Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 01 2020

    5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Melawan Rasa Malas Belajar!

    Kawula Muda, setelah baca artikel ini, gak ada lagi ya alasan buat malas belajar.

    Seseorang sedang belajar. (FREEPIK.COM)

    Pandemi membuat banyak keadaan berubah, terutama untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) di tingkat sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.

    Karena adanya keputusan pembatasan kegiatan, KBM pun dipindahkan menjadi di rumah masing-masing atau yang kerap disebut dengan school from home.

    Dengan situasi yang berbeda, wajar jika semangat belajar menjadi turun. Tidak menentunya jadwal belajar, tidak ada teman belajar, fasilitas terbatas, serta banyaknya situasi tidak terduga, membuat rasa malas pun muncul ketika belajar.

    Berikut ini 5 cara untuk melawan rasa malas belajar yang bisa kalian aplikasikan kapan pun, bukan hanya pada saat masa pandemi.

    1. Cari teman untuk belajar bersama

     Sendiri kadang menjadi sangat membosankan, terlebih ketika belajar di rumah. Untuk beberapa orang, suasana yang hening akhirnya memunculkan rasa jenuh, tidak produktif, dan malas.

    Maka dari itu, mencari teman untuk belajar bersama bisa menjadi solusi yang tepat. Selain suasana akan bertambah ramai, kalian juga punya teman untuk mendiskusikan materi yang sedang dipelajari.

    2. Temukan tempat yang nyaman dan inspiratif sesuai keinginanmu

    BELAJARSeorang pelajar belajar di taman. (FREEPIK.COM)

     

    Tempat memang memiliki pengaruh besar ketika belajar. Tempat yang nyaman cenderung lebih mudah untuk memberikan inspirasi dan membuat produktivitas di dalam dirimu berjalan dengan baik.

    Kalau bosan di rumah, enggak ada salahnya kok cari tempat belajar di luar seperti kafe, taman, atau working space yang kini banyak tersedia di berbagai sudut kota.

    3. Sela belajar dengan istirahat secara berkala

    BELAJAR DAN BERMAINSekelompok anak-anak bermain di sela-sela belajar. (FREEPIK.COM)

     

    Jangan siksa otak dengan belajar tanpa henti, nanti kalau si malas muncul bisa berabe! Beri waktu untuk pikiran dan badanmu istirahat di sela-sela jam belajar secara berkala.

    Misalnya, hari ini kalian akan belajar selama tiga jam. Maka atur setiap 15 menit waktu belajar untuk istirahat sejenak. Kalian bisa pakai waktu tersebut untuk meregangkan tubuh, memeriksa notifikasi di handphone, makan cemilan, dan sebagainya.

    4. Pasang target pasti

    BELAJARSeorang siswa sedang belajar. (FREEPIK.COM)

     

     Buatlah mindset setiap kali belajar maka kalian akan mengetahui ilmu baru yang berguna. Pasang target materi yang harus dikuasai pada setiap sesi pembelajaran.

    Dengan begitu, kalian dapat lebih mudah untuk mengukur level kemampuan yang ingin kalian raih. Selain itu, mengingat ilmu baru setiap kali belajar akan menambah motivasimu.

    5. Self Reward

    CAMILANMakanan ringan dari kacang mete. (FREEPIK.COM)

     

    Ini dia yang paling penting, self reward, yang berarti penghargaan untuk diri sendiri. Bicara tentang memberi hadiah, ternyata kalian bukan hanya dapat memberi orang tua, saudara, sahabat, atau pacar. Kalian juga bisa membelikan hadiah spesial untuk dirimu sendiri.

    Mengadakan self reward akan membuat kalian lebih semangat dalam belajar. Self reward bisa dimulai dari hal yang kecil, seperti menonton K-Drama sepuasnya usai menghafal bab 1, atau boleh beli kue kalau sudah hafal materi yang dipelajari. 

    Editor Team

    COMMENT