Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 28 2020

    5 Hal yang Perlu Kalian Camkan ketika Ingin Menyerah!

    Kawula Muda, jangan pernah memandang diri sendiri rendah ya.

    Ilustrasi orang putus asa. (FREEPIK.COM)

    Bicara soal hidup, pasti tidak akan pernah lepas dari masalah dan ujian. Dalam perjalanan mewujudkan mimpi, selalu ada pengorbanan dan perjuangan berat yang harus dijalani.

    Dengan segala kenyataan yang terjadi, hal yang wajar jika manusia mengalami sedih, kecewa, lelah, dan ingin menyerah.

    Untuk kalian yang sedang berjuang, jangan sia-siakan perjuangan karena rasa putus asa yang mendera. Sebelum mengambil keputusan untuk menyerah, coba lakukan enam hal penting di bawah ini.

    1. Ukur diri kalian yang sekarang dengan yang sebelumnya

    GEMBIRASeorang perempuan mengekspresikan kebahagiaan. (FREEPIK.COM)

     

    Hal pertama yang perlu kalian lakukan ketika sedang dilanda putus asa adalah mengukur diri. Sebelum merasa tidak sanggup menghadapi masalah hidup yang berat, coba tarik napas dalam-dalam dan ambil waktu untuk menganalisis proses hidup yang berhasil dilewati.

    Setelah itu, sebut semua perubahan dan perbedaan yang kalian rasakan sekarang dengan diri kalian lima tahun lalu. Meskipun hanya sedikit, perubahan positif yang kalian gapai tetap berharga. Jangan menyerah, terus bergerak meski sulit akan membuatmu maju.

    2. Pahami hikmah dari setiap kejadian

    BERPIKIRSeorang perempuan sedang memikirkan beberapa hal. (FREEPIK.COM)

     

    Memang tidak terlihat secara nyata, tetapi setiap kejadian baik maupun buruk yang terjadi pasti menyimpan hikmah luar biasa. Sebelum memutuskan untuk berhenti, pikirkan dan pahami hikmah dari setiap kejadian yang kalian hadapi, maka kalian akan bersyukur meskipun keadaannya sulit.

    3. Ingat orang-orang tersayang

    KELUARGAKeluarga. (FREEPIK.COM)

     

    Ingin menyerah memang manusiawi dan wajar terjadi. Ketika perasaan itu timbul, segera luangkan waktu untuk beristirahat, makan yang cukup, dan melakukan kegiatan yang kalian sukai seperti membaca buku, menonton film, atau menulis jurnal harian untuk mencurahkan perasaan sedihmu.

    Namun, jika semua hal tersebut belum mempan, ingatlah wajah orang-orang yang kalian sayangi. Baik orangtua, adik, kakak, sahabat, atau pasangan terkasih. Kalau kalian menyerah, pasti mereka akan sedih.

    4. Mimpi yang sudah kalian rencanakan

    OPTIMISMEOptimisme. (FREEPIK.COM)

     

    Menggapai mimpi membutuhkan proses yang lama dan perjuangan yang berat. Namun, terkadang di tengah jalan tidak jarang masalah dan cobaan datang menghadang. Hal tersebut tentu akan membuat kalian merasa lelah dan ingin menyerah.

    Rehat sebentar bukanlah masalah, tetapi jangan sampai berhenti. Ingatlah mimpi yang sudah kalian rencanakan dan rintis sejak lama. Tanpa disadari hal itu akan memotivasi kalian untuk bangkit kembali.

    5. Ujian berat adalah tanda keberhasilan yang akurat

    SEMANGATSemangat. (FREEPIK.COM)

     

    Tidak dapat dimungkiri, orang sukses pasti memiliki kisah jatuh bangun dan kejadian pahit di belakang keberhasilan yang ia raih. Terbukti, ujian berat yang dialami oleh para pejuang mimpi memang salah satu tanda keberhasilan yang akurat.

    Jadi, jangan mudah menyerah dengan masalah yang sedang terjadi. Sebentar lagi kalian akan sampai!

    Editor Team

    COMMENT