Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 11 2021

    5 Hutan dan Taman Kota di Jakarta Buat Refreshing

    Kawula Muda, murah, meriah, dan enggak perlu jauh-jauh, lho!

    Instagram @wahyukris (hutan bakau PIK)

    Saat suntuk dengan aktivitas yang padat, refreshing bareng teman jadi salah satu penghilang jenuh. Tak perlu pergi jauh keluar kota Jakarta karena di dalam kota ada beberapa tempat menarik buat disambangi.

    1. Hutan Mangrove PIK

    Hutan Mangrove ini berada di Muara Kamal tepatnya di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Lokasi ini berada tepat di sebelah kawasan pemukiman Pantai Indah Kapuk. Dengan luas 99 hektare, kawasan ini ditumbuhi tanaman mangrove (bakau) yang berfungsi untuk menahan abrasi dari gelombang laut.

    Tempat ini cocok bagi yang memiliki hobi fotografi karena banyak spot menarik sebagai lokasi foto. Selain itu, terdapat pula beberapa objek menarik untuk difoto seperti burung bangau, pohon mangrove, dan banyak lagi lainnya.

    Hutan Mangrove PIK ini juga menyediakan berbagai fasilitas penginapan bagi para pelancong yang ingin menghabiskan waktu di kawasan tersebut. Tempat ini juga menyediakan wisata keliling hutan menggunakan perahu boat untuk menyaksikan keindahan panorama khas muara pantai yang ditumbuhi mangrove.

    2. Hutan Kota Srengseng

    Berada di Jalan Haji Srengseng Jakarta Barat, kawasan hutan kota seluas 15 hektare ini memiliki beragam fasilitas olahraga seperti jogging track, wall climbing, dan fasilitas rekreasi seperti taman bermain. Di Hutan Kota Srengseng juga terdapat danau buatan yang banyak dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berolahraga dan rekreasi.

    Terdapat 65 spesies pepohonan yang tumbuh di kawasan hutan kota seperti pohon Jati, Mahoni, Akasia, Ketapang, dan banyak lagi sehingga membuat kawasan ini begitu sejuk. Saat ini, Hutan Kota Srengseng telah dijadikan Pemda DKI sebagai salah satu kawasan lindung flora fauna dan penelitian plasma nutfah.

    hutan srengseng(hutan srengsengInstagram @jia_jia.hc)

     

    3. Utan Kota Kemayoran

    Utan Kota Kemayoran seluas 22,3 hektare merupakan salah satu ruang terbuka hijau. Kawasan ini dilengkapi fasilitas olahraga seperti jogging track serta lintasan sepeda. Fasilitas penunjang lainnya seperti amphiteathre dan floating stage difungsikan sebagai wadah kegiatan masyarakat.

    Selain sebagai tempat berkumpul dan rekreasi di Utan Kota Kemayoran, para pengunjung terutama anak-anak juga bisa mendapatkan edukasi. Karena di sini juga menjadi tempat penangkaran satwa kupu-kupu dan burung.


    Utan kemayoran(Utan kemayoran Instagram @utankemayoran)

     

    4. Hutan Kota Pesanggrahan

    Kawasan seluas 120 hektare ini berada di tiga wilayah yakni Jakarta Selatan, Depok, dan Tangerang Selatan.  Hutan kota ini kelola oleh kelompok tani Sangga Buana sehingga dikenal sebagai Hutan Kota Sangga Buana.

    Di kawasan hutan kota ini, para pengunjung bisa refreshing dari mulai olahraga lari, bersepeda, memancing, atau menyusuri Sungai Pesanggrahan sepanjang 38 kilometer. Selain menjadi kawasan pertanian dan peternakan, kawasan konservasi ini memiliki pengolahan sampah yang mampu mengolah 15 truk sampah setiap hari.

    hutan pesanggrahan(hutan pesanggrahan Instagram @batoy.buma)

     

    5. Taman Cattleya

    Taman ini berada Jakarta Barat dekat mal Taman Anggrek tepat di samping tol Tomang.  Sebelum pandemi, taman ini terbuka setiap hari dari pukul 07.00-21.00 WIB. Beragam tanaman hias yang tertata rapi membuat taman ini menjadi salah satu spot foto yang instagramable. Buat yang hobi fotografi tempat ini sangat bagus sebagai lokasi pemotretan.

    Beragam fasilitas olahraga dan hiburan tersedia di Taman Cattleya, sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat olahraga atau sekedar rekreasi. 

    taman cattleyataman cattleya Instagram @temantaman.jkt)

     

     

    Editor Team

    COMMENT