Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 02 2021

    5 Ikan Hias Air Tawar Cantik dan Mudah Dipelihara

    Hai Kawula Muda, cantik-cantik ya?

    Ikan discus. (INSTAGRAM/FLIPSNFINS)

    Seiring pandemi yang membuat kita banyak di rumah saja, beberapa hobi rumahan pun mulai bermunculan. Salah satunya adalah memelihara ikan hias air tawar.

    Ikan hias air tawar adalah jenis ikan yang habitatnya di air tawar dan dipelihara untuk sekedar hobi bukan dikonsumsi. Orang yang hobi dengan ikan hias akan betah duduk berjam-jam di depan akuarium untuk menikmati keindahan ikan peliharaannya.

    Berikut lima jenis ikan hias air tawar yang cantik dan mudah dipelihara di rumah.

    1. Angel Fish (Pterophyllum Scalare)

    Angel Fish atau Ikan Layang memiliki tubuh yag lebar dan tipis. Ikan tawar jenis ini mudah dipelihara karena bisa menerima beragam jenis makanan ikan. Angel Fish termasuk jenis ikan karnivora atau ikan pemakan hewan.

    Meski Angel Fish indah dan terlihat damai, ikan ini tergolong agresif terhadap sesama ikan jantan saat berusia 8-12 bulan. Bila ingin memelihara Angel Fish, harus miliki akuarium besar ya. Karena ikan ini suka dengan tempat yang luas dan hangat.

    Angel Fish atau Ikan Layang(angel fish/instagram @fishing.fk)

     

    2. Ikan Buntal air tawar

    Ikan Buntal air tawar merupakan ikan asli Indonesia yang mudah dipelihara karena daya tahan tubuhnya yang kuat dibanding ikan air tawar lainnya. Salah satu jenis yang terkenal adalah Ikan Buntal Totol (spotted green puffer). Ikan ini tergolong karnivora karena suka memakan siput, kerang, dan ikan kecil lainnya.

    Ikan buntal senang tinggal di air mengalir. Dia akan gelisah bila air tidak mengalir karena habibat aslinya di sungai yang mengalir.

    spotted green puffer(spotted green puffer/instagram @crazy_aquarium)

     

    3. Ikan Barb

    Ikan Barb merupakan ikan hias air tawar yang sangat aktif. Ikan Barb butuh ruang terbuka untuk berenang dan tempat bersembunyi. Untuk itu, diperlukan aquarium yang luas untuk menjadi tempat persembunyiannya.  akuarium.

    Ada enam jenis Ikan Barb yang populer sebagai ikan hias, salah satunya adalah Ikan Barb Tiger Fish yang dijuluki sebagai Ikan Elang. Ikan ini senang makan serangga dan bisa hidup hingga usia enam tahun.

    tiger barb fish(tiger barb fish/instagram @crazy_aquarium)

     

    4. Ikan Discus

    Ikan hias air tawar lainnya yang tak kalah cantik dan menarik untuk dipelihara adalah ikan Discus. Seperti Ikan Layang, Ikan Discus senang tinggal di air yang hangat dengan suhu 28-31 derajat celsius. 

    Selain hangat, ikan Discus  juga senang dengan air yang tenang, berbeda dengan Ikan Buntal yang suka air mengalir.

    Karena memiliki temperamen yang tenang, ikan Discus bisa dicampur dengan ikan lainnya berbeda dengan jenis ikan hias yang cenderung agresif.

    ikan discus(ikan discus/instagram @acquariohop_larca)

     

    5. Ikan Guppy

    Jenis Ikan hias tawar ini merupakan yang paling populer dan paling dikenal para penggemar ikan hias. Namanya Ikan Guppy.

    Ikan Guppy juga tergolong ikan hias air tawar yang paling murah. Warna ikan ini sangat variatif karena proses kawin silang yang dilakukan peternak ikan hias.

    ikan guppy(ikan guppy/instagram @joowwguppy)

    Nah, kira-kira kalian paling suka sama yang mana nih?


    Editor Team

    COMMENT