Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 26 2022

    5 Jenis Love Language dan Cara Mengetahuinya Bisa Cek di Sini!

    Kenali love language, biar si pasangan makin paham tentang lo!

    Ilustrasi pasangan (UNPLASH)


    Setiap manusia punya caranya sendiri untuk mencintai seseorang, ya Kawula Muda. Biasanya, sebutan itu disebut dengan love language atau bahasa cinta.

    Menurut Dr. Gary Chapman, penulis buku The Five Love Languages, love language adalah cara menyampaikan dan menyalurkan rasa sayang kepada diri sendiri dan orang lain. Tujuannya agar bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan.

    Ilustrasi pasanganIlustrasi pasangan (UNPLASH)

     

    Berbagai jenis love language yang harus lo ketahui, nih Kawula Muda:

    1. Word of Affirmation (Kata-kata afirmasi)

    Menurut Chapman, word of affirmation adalah bahasa cinta dengan kata-kata penegasan, seperti "Aku mencintaimu", "Kamu cantik/tampan hari ini."

    Kata-kata cinta dari pasangan yang disampaikan secara tulus dengan kebaikan dan penegasan bisa membuat seseorang merasa dicintai.

    2. Quality time (Waktu bersama)

    Bahasa cinta yang satu ini adalah tentang memberi pasangan perhatian penuh, Kawula Muda.

    Menghabiskan waktu bersama pasangan adalah tentang kebersamaan, memperhatikan satu sama lain, berbagi sesuatu yang bermakna bersama, mendengarkan dan berkomunikasi. 

    Misalnya, pergi seharian bersama, nonton bersama, aktivitas apapun itu yang tidak terganggu dengan pekerjaan, ataupun gadget.

    3. Receiving gifts (Menerima hadiah)

    Kalau tipe love language ini, suka banget menerima hadiah. Dalam arti, orang ini memerlukan tindakan atau bukti nyata daripada sekadar kata-kata.

    Tindakan memberi hadiah dapat memberi tahu pasangan bahwa seseorang cukup peduli dan memiliki usaha untuk menyenangkan pasangan.

    4. Acts of service (Tindakan melayani)

    Chapman mengungkapkan, acts of service adalah tipe bahasa cinta yang meringankan beban tanggung jawab. Misalnya, menemani belanja, membantu pekerjaan lo, atau mengirimkan makanan dan minuman kesukaan.

    5. Physical Touch (Sentuhan fisik)

    Seseorang yang memiliki bahasa cinta ini senang dengan semua jenis sentuhan fisik, seperti berpegangan tangan, pelukan, dan tepukan di punggung.

    Sentuhan fisik merupakan cara yang paling nyata dan langsung bisa dirasakan oleh pasangan. Selama hal tersebut dilakukan atas dasar cinta dan sayang, sebuah sentuhan fisik dapat menjadi cara yang paling efektif dari love language.

    Buat Kawula Muda yang masih belum tahu apa love language diri lo, bisa juga langsung tes di sini, ya! https://5lovelanguages.com/quizzes/love-language. Selamat mencoba.

    Editor Team

    COMMENT