Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 07 2021

    5 Kebiasaan Minum Kopi yang Buat Berat Badan Naik

    Kawula Muda, ternyata minum kopi enggak boleh asal. lho!

    (ngopi /freepik.com)

    Minum kopi ternyata sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Karena beberapa kebiasaan sewaktu minum kopi ternyata justru tidak baik untuk tubuh dan justru membuat berat badan semakin bertambah.

    Berikut ini adalah kebiasaan minum kopi yang bisa membuat berat badan naik menurut Laura Burak, seorang ahli medis dan penulis buku, Slimdown With Smoothies.

    1. Terlalu manis

    Salah satu faktor penyebab kegemukan adalah gula. Kebiasaan minum kopi dengan menambahkan gula atau beragam pemanis lainnya hingga sampai menghilangkan rasa kopi, ternyata harus dihindari. Karena dengan menambahkan pemanis hingga kopi terasa terlalu manis dapat merusak keseimbangan gula darah dan berat badan semakin bertambah.

    Kopi seperti vanillla latte, mocha, dan sejenisnya banyak mengandung gula tambahan serta kalori berlebih sehingga membuat berat badan meningkat cepat.

    2. Tambahan krimer dan beragam topping kopi

    Tambahan topping, susu, dan krimer membuat kopi memang jadi terasa enak dan nikmat. Namun, dengan menambahkan krimer ke dalam kopi maka seperti memasukkan lemak ke dalam kopi. Jadi, sangat penting untuk mencari krimer ataupun topping lainnya yang rendah lemak dan kalori.

    3. Mengganti sarapan dengan kopi 

    Salah satu pemikiran kebanyakan orang dalam menjaga berat badan adalah mengurangi asupan makanan. Salah satunya adalah dengan melewatkan sarapan pagi dan menggantinya dengan minum kopi.

    Kebiasaan ini sebaiknya jangan dilakukan. Karena mengganti sarapan dengan hanya mengonsumsi kopi akan berdampak pada kebutuhan gizi tubuh. Asupan makanan bagi tubuh tidak dapat digantikan dengan segelas kopi.

    4. Minum kopi saat perut kosong

    Ilustrasi meminum kopiIlustrasi meminum kopi. (SHUTTERSTOCK)

     

    Sebaiknya, saat minum kopi pastikan perut telah diisi dengan makanan. Karena bila perut dalam kondisi kosong saat minum kopi, maka kalori dan lemak dari gula, krim, susu justru akan cepat masuk dalam darah dan segera diserap serta disimpan dalam tubuh. Jika selalu dilakukan, maka lemak dan kalori akan bertumpuk dalam tubuh sehingga membuat berat badan semakin bertambah.

    5. Minum kopi sebelum tidur 

    Kebiasaan minum kopi sebelum tidur juga menjadi faktor penyebab kenaikan berat badan. Ini terjadi akibat kafein yang mempengaruhi pola tidur. Kualitas tidur yang buruk bakal mempengaruhi hormon sehingga membuattubuh serasa lapar dan ingin makan.

    Editor Team

    COMMENT