Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 29 2022

    5 Kota dengan Tempat Kos dan Biaya Hidup Termurah untuk Mahasiswa

    Hai Kawula Muda, di kota ini ngekos bisa hemat.

    Ilustrasi mahasiswa sedang wisuda. (FREEPIK)

    Kuliah di Jakarta, mungkin menggiurkan bagi kebanyakan mahasiswa, karena banyak kampus berkualitas yang bisa menjadi pilihan. Akan tetapi, perlu kocek yang besar untuk bisa hidup di Jakarta.

    Salah satunya, tempat kos di Jakarta berkisar Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per bulan tergantung pada letak dan fasilitasnya.

    Biasanya, semakin dekat dengan kampus, akan semakin tinggi harga sewa kosnya. Ditambah biaya hidup yang lain, total pengeluaran mahasiswa di Jakarta bisa mencapai Rp 4.450.000 per bulan. Tinggi sekali kan?

    Tapi jangan berkecil hati, kampus-kampus berkualitas tidak hanya ada di Jakarta. Bahkan di 5 kota berikut ini, kawula muda bisa mendapatkan tempat kos yang murah dan biaya hidup yang hemat. 

    Berikut daftar 5 kota tersebut dikutip dari lembaga konsultan pendidikan SUN Education:

    1. Yogyakarta

    Yogyakarta memiliki banyak pilihan universitas terbaik di Indonesia, mulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, UPN Veteran Yogyakarta, dan banyak lagi.

    Berkuliah di Yogyakarta juga tidak semahal di Jakarta. Di kota gudeg ini, biaya kos hanya berkisar Rp 300.000 – Rp 700.000. Di Jogja kawula muda masih bisa menemukan banyak makanan dengan harga di bawah Rp 10.000 per piring. Total biaya hidup di Jogja per bulan berkisar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta.

    2. Solo, Jawa Tengah

    Universitas unggulan yang terdapat di kota Solo di antaranya Universitas Negeri Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Surakarta, dan Universitas Islam Batik.

    Sama seperti Yogyakarta, biaya hidup di Solo termasuk yang termurah untuk mahasiswa, berkisar Rp 1,5 juta per bulan. Biaya itu sudah termasuk kos, harga makanan, dan transportasi.

    3. Cirebon, Jawa Barat

    Untuk wilayah Jawa Barat, Cirebon termasuk kota dengan biaya termurah buat mahasiswa. Biaya hidup di Cirebon berkisar Rp 1,5 juta – Rp 2 juta per bulan, sudah termasuk biaya kos, uang makan, dan transportasi. Tempat kos di Cirebon berkisar Rp 500.000 – Rp 800.000.

    Kampus-kampus yang terdapat di Cirebon di antaranya Universitas Swadaya Gunung Djati, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon.

    4. Banyuwangi, Jawa Timur

    Universitas Airlangga yang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia memiliki kampus di kota Banyuwangi. Selain itu kota ini juga memiliki Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, dan Universitas Bakti Indonesia.

    Biaya hidup di Banyuwangi untuk mahasiswa berkisar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta per bulan. Bahkan, kalau mau lebih diirit lagi, biaya minimal di Banyuwangi bisa mencapai Rp 800 ribu per bulan.

    5. Metro, Lampung

    Kota Metro yang terletak di Lampung memiliki sejumlah kampus yang cukup terkenal di antaranya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Universitas Muhammadiyah Metro, STKIP PGRI Metro, dan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung.

    Biaya kos di Metro rata-rata Rp 350 ribu per bulan. Biaya makan per bulannya berkisar Rp 600-800 ribu. Sehingga total biaya hidup di Metro diestimasi kurang dari Rp 1,5 juta.

    Sebagai catatan, biaya hidup yang tertera di atas didasarkan pada kebutuhan hidup loh ya, bukan gaya hidup. Bagaimana kawula muda, mau pilih kuliah di kota yang mana nih?

    Editor Team

    COMMENT