Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 14 2020

    5 Makanan Favorit Orang Korea Saat Piknik yang Wajib Kamu Coba!

    Kawula Muda, buat kamu pencinta makanan Korea Selatan, buruan coba 5 makanan ini deh!

    Meja makan berisi makanan Korea. (INSTAGRAM/ksc00013)

    Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga maupun sahabat. Salah satunya adalah dengan berpiknik ria, menggelar tikar sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah.

    Sambil makan, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan indah dan menikmati udara yang menyejukkan. 

    Piknik biasanya dihabiskan dengan cara berkumpul dan makan-makan bersama. Jika orang Indonesia biasa makan nasi timbel atau nasi rames saat piknik, masyarakat Korea memiliki kebiasaan yang berbeda.

    Masyarakat Negeri Ginseng tersebut mempunyai 5 makanan favorit yang selalu dibawa saat piknik. Bisa dijadikan inspirasi, nih biar tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja!

    1. Gimbap

    Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking, atau aktivitas lain di luar ruangan. Makanan ini biasanya terdiri dari gulungan nasi rumput laut yang diisi sayuran, tetapi isiannya bisa diganti sesuai dengan selera.

    Kalau orang Korea malas membuat sendiri di rumah, kedai pinggir jalan hingga supermarket banyak menjual gimbap jadi yang dibanderol dengan harga terjangkau.

    2. Mandoo

    MandooMandoo, perpaduan kulit pangsit dan isian daging dari Korea Selatan. (UNSPLASH)

     

    Mandoo adalah jenis pangsit yang dibuat dengan adonan tepung dan berisi daging yang dibumbui. Mandu berasal dari Cina dan masuk ke Korea sejak zaman Dinasti Goryeo.

    Pada saat ini, mandoo dimakan pada setiap musim dingin dan perayaan tahun baru Seollal atau tahun baru Imlek. Mandoo biasa disajikan dengan cara dikukus atau digoreng.

    Perpaduan kulit pangsit dan isian daging membuat makanan ini sangat cocok disantap saat bersantai selagi piknik. Mandoo juga dapat disajikan bersama tteokbokki.

    3. Pajeon

    pajeonPajeon, bakwan atau bala-bala bagi orang Korea Selatan. (INSTAGRAM/thefoodietakesflight)

     

    Pajeon adalah jenis jeon dengan daun bawang sebagai bahan utamanya, karena pa berarti daun bawang. Makanan ini termasuk dalam hidangan Korea yang terbuat dari campuran telur, tepung terigu, tepung beras, daun bawang, dan bahan-bahan lainnya, tergantung pada jenisnya. 

    Seperti bakwan atau bala-bala bagi orang Korea, pajeon juga termasuk ke dalam daftar makanan wajib dibawa saat piknik.

    Pajeon memiliki banyak jenis yang cukup beragam, mulai dari pajeon dengan campuran kimchi, cita rasa manis, daun bawang, hingga seafood.

    Pajeon gurih biasa disajikan dengan kuah kecap asin yang telah diberi biji wijen. Bagi yang suka camilan yang tidak terlalu mengenyangkan, pajeon jadi pilihan yang  cocok.

    4. Yubu chobap

    Yubu ChobapYubu Chobap, nasi Korea yang diberi campuran biji-bijian di dalamnya, seperti beras hitam, jagung dan wijen. (LEMONTREEXO)

     

    Bukan hanya gimbap yang menjadi satu-satunya olahan nasi praktis. Ada juga kudapan yang bernama yubu chobap. Walau tak sepopuler gimbap, rasanya tidak kalah enak.

    Yubu chobap sekilas mirip dengan sushi inari yang disajikan bersama kulit tahu. Perbedaannya terletak pada isian nasi. Yubu Chobap khas seperti nasi Korea yang diberi campuran biji-bijian di dalamnya, seperti beras hitam, jagung dan wijen. 

    5. Gaeran mari

    Gaeran MariGaeran Mari, makanan khas Korea Selatan, kocokan telur yang dilapisi rumput laut. (INSTAGRAM/gyna_elenna)

     

    Bukan sekadar telur dadar biasa, kali ini Korea punya menu piknik yang lebih kaya rasa, yang bernama gaeran mari.

    Gyeran-Mari atau telur dadar gulung dalam hidangan Korea adalah sebuah banchan asam yang terbuat dari telur potong dicampur dengan beberapa bahan cincang. Bahan-bahan umumnya meliputi sayur-sayuran jamur, daging olahan, makanan laut asin atau digarami, dan keju.

    Nah, itu dia menu favorit piknik ala Korea Selatan. Selain lebih praktis, penyajian yang menarik pun menambah nafsu makan. Selamat mencoba.

    COMMENT