Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 15 2021

    5 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Belahan Dunia

    Kawula Muda, seru ya tradisi di berbagai negara ini.

    Idul Fitri. (FREEPIK.COM)

    Tepat pada 13 Mei 2021, seluruh umat Muslim di dunia akan merayakan kemenangan dalam perayaan Idul Fitri.

    Bicara soal Lebaran, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas soal tradisi-tradisi unik yang ada di dalamnya. Tidak hanya Indonesia yang memiliki tradisi unik, negara-negara lain pun sama. Penasaran dengan 5 tradisi unik Lebaran yang ada di dunia, berikut ulasannya!

    Australia

    Islam merupakan agama minoritas di Australia. Dilansir dari situs Phinemo, sekalipun minoritas, perusahaan-perusahaan di Negeri Kanguru tetap memiliki toleransi kepada para karyawannya yang beragama muslim dengan memberikan libur khusus agar bisa berlibur bersama keluarga.

    Turki

    Menyambut Lebaran, masyarakat Turki biasanya menyelenggarakan Festival Gula atau biasa disebut Seker Bayram. Tradisi ini bertujuan mempererat tali silaturahmi dengan cara membagikan hidangan manis khas Turki. Ritual sungkeman pun juga ada di negara ini.

    Suriname

    Suriname yang memiliki kedekatan secara psikologis dengan Indonesia rupanya punya cara tersendiri untuk menghitung kapan Lebaran tiba. Uniknya, mereka menggunakan penanggalan Jawa Kuno untuk perhitungan. Tradisi berziarah ke makam saudara dan leluhur pun juga dilakukan di negara ini.

    Arab Saudi

    Tradisi unik yang biasa dilakukan di Arab Saudi menyambut datangnya Lebaran yaitu seluruh penjuru kota akan dipenuhi dengan alunan musik dan pentas seni. Pertunjukan itu akan terjadi beberapa hari selama Lebaran dan biasa digelar di kota Riyadh.

    China

    Meskipun mayoritas penduduknya bukan beragam Islam, China tetap memiliki tradisi unik menyambut datangnya Lebaran. Setiap pria muslim akan memakai jas khas yang dipadukan dengan kopiah warna putih. Wanita muslim akan memakai baju hangat dengan kepala ditutupi hijab.

    Editor Team

    COMMENT