Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 07 2020

    6 Cara Tetap Menghasilkan Uang Selama Pandemi

    Kawula Muda, selalu ada jalan untuk keluar dari sebuah tekanan. Tetap kreatif di tengah pandemi ini ya!

    Ilustrasi Covid-19

    Selain ancaman kesehatan, wabah Covid-19 juga menyeret dunia ekonomi ke arah resesi global. Bisnis dari segala bentuk dan ukuran mengalami kesulitan untuk bisa beroperasi secara normal.

    Banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan, sementara yang lainnya telah beralih ke model bekerja dari rumah dengan mengandalkan teknologi dan internet untuk menyelesaikan berbagai hal.

    Jangan patah semangat! Dikutip dari forbes.com, ini beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk bisa tetap berpenghasilan selama pandemi belum berakhir.

    1. Jual foto

    KAMERAKamera. (FREEPIK.COM)

     

    Kalian hobi fotografi? Atau tidak ahli, tetapi ada seperangkat kamera nganggur di lemari? Segera manfaatkan, asah dan berupayalah untuk menguasai bidang ini.

    Fotografer dapat mengunggah dan menjual gambar mereka ke salah satu dari sekian banyak editor majalah, desainer, atau organisasi apa pun yang memiliki situs web untuk membelinya.

    Silakan menengok situs fotografi seperti Shutterstock, Photoshelter, dan Getty Images.

    2. Membuat video

    KAMERAKamera. (FREEPIK.COM)

     

    Hampir semua yang viral saat ini bermula dari YouTube dan konten-konten yang diunggah di media sosial.

    Lihatlah betapa iklan saat ini telah berpindah dari televisi ke YouTube. Segala jenis video dari yang sederhana sampai jenis video tutorial yang njlimet dan berdurasi panjang memenuhi media sosial dan bertabur iklan.

    Jadi, jangan berpangku tangan. Mulailah belajar membuat dan mengedit video, serta temukan ide-ide kreatif, lalu unggah. Semua hal tersebut saat ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone di genggaman.

    3. Menjadi copywriter

    MENGETIKIlustrasi bekerja dengan laptop. (FREEPIK.COM)

     

    Sekarang media pemasaran secara online semakin populer mengalahkan pemasaran tradisional. Adwords, iklan tv dan radio, konten website, konten sosial media, semuanya membutuhkan peran seorang copywriter.

    Menjual tulisan sepintas memang terdengar mudah, namun tetap butuh bakat dan kemampuan menulis yang harus terus diasah. Bekerjanya bisa di agensi periklanan, perusahaan, atau menjadi freelancer.

    Menariknya lagi, tidak ada jenjang pendidikan resmi untuk copywriter, jadi kesempatan bagi siapa pun terbuka sangat lebar.

    4. Menjadi translator dan interpreter

    PENERJEMAHIlustrasi penerjemah. (FREEPIK.COM)

     

    Memiliki kemampuan berbahasa asing  adalah poin penting. Di mana pun di seluruh dunia, pasti ada komunitas orang asing yang tidak begitu menguasai bahasa lokal, yang pasti membutuhkan layanan penerjemah.

    Kalian juga dapat melakukan terjemahan dan interpretasi secara online. Jika jeli, ada beberapa rujukan untuk menjadi penerjemah atau juru bahasa, salah satu yang terbaik adalah Welocalize, yang menempati peringkat teratas dari daftar 20 untuk pekerjaan jarak jauh pada 2020 ini.

    5. Jualan online dengan sistem drop ship

    0NLINE SHOPIlustrasi online shop.

     

    Ini adalah metode retail yang penjualnya tidak perlu benar-benar memiliki inventaris fisik. Kalian hanya perlu membuat promo barang jualan. Saat pelanggan membuat pesanan, kalian membeli item dari pihak ketiga, dan mereka mengirimkannya langsung ke pelanggan.

    Ini berarti kalian tidak perlu membayar sepeser pun untuk menyimpan atau pemeliharaan produk.

    Selain di media pribadi, cara ini bisa dilakukan melalui platform penjualan online seperti eBay, Amazon, atau platform penjualan lokal macam Tokopedia, bukalapak, Lazada, dan yang lainnya.

    6. Mengisi riset dan survei online

    SURVEI ONLINESurvei online. (FREEPIK.COM)

     

    Cara lain untuk menghasilkan uang yang baik adalah dengan menjelajahi internet pada waktu luang atau mengisi survei online.

    Salah satu contohnya, coba tambahkan situs Qmee ke browser, hanya dengan mengklik hasil penelusuran, kalian akan mendapatkan uang.

    Kalian juga bisa mendapatkan uang dengan mengikuti survei Qmee dan membagikan pendapat kalian tentang merek. Situs survei lainnya termasuk SurveyBods, Survey Junkie dan Valued Opinions. 

    Bahkan sebelum pandemi, hidup kita telah terhubung erat dengan Internet. Wabah hanya menjadi penegas bahwa kita memang harus berkompromi dengan teknologi dan mulai mengubah cara hidup serta bekerja kita.

    Jangan ragu, dan mulai persiapkan resume kalian sekarang juga.

    Eh tapi buat kamu yang mau belajar nyari cuan cuan cuan dimasa pandemi ini dari narasumber kece seperti Andanu Prasetyo & dr. Tirta!


    kumpul kamu from home vol 2kumpul kamu from home vol 2

     

    Sekalian nonton performance dari Adhitia Sofyann & hosted by Genus loh! Acaranya itu hari Jumat, 11 September 2020, untuk kamu yang mau ikutan dan daftar klik link ini yuk https://www.pramborsfm.com/events/kumpul-kamu-home-vol-2 

    Editor Team

    COMMENT