Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 11 2020

    6 Gerakan Fitness yang Bisa Kalian Lakukan di Rumah.

    Kawula Muda, tak usah mencari alasan ini itu untuk menghindari tuntutan selalu sehat dengan berolahraga!

    Gym tempat berolahraga. (FREEPIK.COM)

    Pada masa karantina dan pemberlakuan pembatasan sosial saat ini, salah satu tempat publik yang belum boleh diijinkan untuk beroperasi secara normal adalah gym alias pusat kebugaran. 

    Bekerja dari rumah selama berbulan-bulan dan larangan pergi ke gym sepertinya menjadi kombinasi sempurna untuk menghasilkan arah jarum timbangan semakin ke kanan. Padahal, sebenarnya tidak demikian juga.

    Ada beberapa gerakan fitness yang bisa tetap dilakukan tanpa harus menunggu pusat kebugaran dibuka kembali. Berikut ini 6 di antaranya, seperti dikutip dari halodoc.com.

    Angkat beban

    DUMBBELLDumbbell. (FREEPIK.COM)

     

    Salah satu gerakan khas gym yang bisa kita lakukan di rumah adalah angkat beban. Hanya perlu menyediakan satu hingga dua buah barbell atau dumbbell di rumah, lalu kita sudah bisa melakukan gerakannya. Tentu saja harus disesuaikan antara berat beban dan tujuan olahraga yang diinginkan.

    High knee running in place

    HIGH KNEE RUNNING IN PLACELari di tempat. (FREEPIK.COM)

     

    High knee running in place alias lari di tempat bisa dilakukan sebagai ganti dari treadmill. Lakukan gerakan ini dengan cara berlari di tempat sambil mengangkat lutut hingga mencapai posisi tertentu.

    Sebaiknya pastikan lutut sejajar dengan pinggul selama melakukan gerakan ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari memaksakan diri dalam melakukannya.

    Plank

    PLANKPosisi plank. (FREEPIK.COM)

     

    Salah satu gerakan fitness yang kini semakin populer dan banyak dilakukan adalah plank. Gerakan ini merupakan jenis latihan keseimbangan yang dilakukan dengan memfokuskan kekuatan tubuh di bagian tengah. Melakukan plank dapat membantu melatih otot lengan, bahu, perut, dan paha.

    Jika  menginginkan otot perut yang kencang, plank adalah pilihan terbaik. Cara melakukannya adalah dengan posisi berbanding menghadap ke lantai.

    Lalu tempelkan bagian siku di lantai seperti akan melakukan push-up. Bedanya, kita tidak perlu melakukan gerakan naik turun, hanya pertahankan saja posisi tersebut selama beberapa detik hingga menit.

    Squat jump

    SQUAT JUMPPosisi squat jump. (FREEPIK.COM)

     

    Bagi yang ingin mengencangkan dan membentuk otot kaki, jangan lewatkan jenis olahraga yang satu ini. Squat jump merupakan jenis olahraga yang bertujuan untuk melatih kekuatan kaki.

    Untuk melakukannya, mulailah dengan posisi tubuh berdiri tegak, dan letakkan kedua tangan di bagian belakang kepala. Kemudian, berjongkoklah dan melompat untuk kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut dalam beberapa set.

    Step-up

    STEP-UPGerakan step-up. (FREEPIK.COM)

     

    Step-up juga merupakan jenis latihan yang baik untuk membentuk otot kaki. Biasanya, gerakan ini dilakukan dengan cara naik-turun tangga.

    Untuk melakukan step-up di rumah, sediakan sebuah kursi lalu lakukan gerakan naik turun. Pastikan kursi atau benda yang digunakan cukup kuat untuk menopang tubuh. Lakukan gerakan ini dengan cepat untuk memaksimalkan pembakaran lemak.

    Tricep dip

    TRICEP DIPGerakan tricep dip. (FREEPIK.COM)

     

    Masih dengan menggunakan kursi, kita juga bisa melakukan latihan yang bermanfaat untuk otot tricep. Berdirilah membelakangi kursi, lalu tempatkan kedua tangan di atas kursi. Kemudian cobalah untuk melakukan gerakan naik dan turun pada posisi tersebut selama beberapa kali.

    Memang selain untuk berolahraga, datang ke pusat kebugaran juga bisa sebagai sarana rekreasi dan sosialisasi. Tetapi, mengingat situasi saat ini belum kondusif, tetaplah berasabar.

    Upaya untuk sehat bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Jangan lupa untuk aktif berkontribusi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara memakai masker, selalu mencuci tangan, dan menjaga kebersihan, ya!

    Editor Team