Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 10 2022

    6 Manfaat Penggunaan Skincare Retinol untuk Kulit Wajah

    Skincare lo ada yang bahan retinol enggak?

    Ilustrasi serum (UNPLASH)


    Memakai skincare perlu dilakukan demi menjaga kesehatan kulit dan wajah. Berbagai jenis perawatan kulit yang bisa lo pakai, Kawula Muda, salah satunya retinol.

    Retinol sendiri adalah senyawa aktif yang berfungsi untuk mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, sampai disebut bisa cegah penuaan dini, loh.

    Ada jenis serum retinol yang perlu diketahui yaitu tretinoin dan tazarotene. Keduanya perlu memerlukan resep karena pengaruhnya sangat kuat terhadap kulit.

    Ilustrasi skincareIlustrasi skincare (UNSPLASH/Content Pixie)

    Biar lebih jelas, melansir dari berbagai sumber berikut manfaat retinol buat skincare Kawula Muda:

    1. Mengobati jerawat

    Retinol dikenal dapat membuka pori-pori sehingga kulit bisa menyerap obat jerawat dengan baik.

    Retinol juga bisa mencegah datangnya jerawat yang muncul kembali dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan meredakan peradangan pada kulit.

    2. Mencegah kerutan akibat penuaan

    Tretinoin, salah satu jenis retinol sangat ampuh untuk mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus di kulit dan memperlancar aliran darah di bawah kulit sehingga kulit lebih sehat. 

    Selain mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus, tretinoin juga membantu menyamarkan bintik hitam dan mencegah bintik kulit pemicu kanker (actinic keratosis).

    3. Sebagai antioksidan

    Untuk menghalau radikal bebas yang bisa mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit, retinol jadi jawabannya, nih. Dengan penggunaan yang rutin, kulit akan terlihat lebih segar dan lebih halus.

    4. Menghilangkan milia

    Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang biasanya tumbuh di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata.

    Kawula Muda yang punya milia, bisa cegahnya dengan serum retinoid, khususnya dari jenis tretinoin. Senyawa ini membantu mengikis milia dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru.

    5. Perbaiki tekstur kulit

    Retinol yang memiliki kandungan bahan aktif asam retinoate ini memiliki molekul kecil yang membuatnya mudah masuk ke bawah lapisan epidermis. Sehingga, bisa membuat tekstur kulit jadi lebih baik.

    6. Buat kulit makin elastis

    Retinol juga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan penggunaan retinol dapat meningkatkan ketebalan epidermis.

    Selain itu, retinol juga bisa merangsang produksi kolagen yang bagus untuk kulit wajah. Kolagen berguna untuk mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

    Editor Team

    COMMENT