Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 21 2023

    7 Larangan yang Tidak Boleh Dilakukan saat Imlek

    Makan bubur, dan bersih-bersih tuh enggak boleh, loh!

    Ilustrasi baju baru berwarna merah untuk merayakan imlek (FREEPIK)

    Hari Raya Imlek tinggal menghitung hari, nih, yaitu jatuh pada tanggal 23 Januari 2022. Namun, sebelum merayakannya, ada beberapa pantangan di hari raya ini yang harus dihindari.

    Seluruh masyarakat Tionghoa di dunia menyambut gembira perayaan tersebut. Banyak hal unik dan tradisi yang dirayakan, seperti barongsai, menghias rumah dengan barang-barang berwarna merah dan emas, dan lainnya.

    Bukan hanya merayakan festival dengan mengikuti tradisi, mereka juga akan berusaha menghindari hal-hal yang dilarang. Larangan tersebut hanya dilakukan selama beberapa hari pertama perayaan.

    Mengutip berbagai sumber, berikut adalah 6 larangan yang tidak boleh dilakukan saat Hari Raya Imlek:

    1. Potong rambut

    Saat hari pertama perayaan Imlek, masyarakat Tinghoa dilarang untuk memotong rambut mereka. Hal tersebut dipercayai akan memotong keberuntungan dan nasib di tahun baru. Jadi, kalau mau potong rambut sebelum Hari Raya Imlek yaa, Kawula Muda.

    2. Mencuci pakaian

    Selanjutnya ada mencuci pakaian. Katanya, dua hari pertama Hari Raya Imlek dianggap sebagai hari ulang tahun Dewa Air. Jika lo mencuci pakaian selama dua hari, dewa air akan tersinggung.

    3. Menyapu dan buang sampah

    Walaupun biar terlihat bersih, membersihkan rumah atau membuang sampah diartikan dapat membuang kemakmuran dan keberuntungan. Menyapu rumah diyakini bisa 'menyapu' kekayaan.

    4. Memberikan hadiah payung atau jam

    Kalau lo mau memberik hadiah seperti payung atau jam, sebaiknya jangan, Kawula Muda. Memberi payung bisa menarik dan mendatangkan arwah jahat, sedangkan jam bisa mendatangi kematian.

    5. Menangis

    NangisIlustrasi menangis saat Hari Raya Imlek (UNSPLASH)

    Tangisan anak-anak disebut bisa menandakan penyakit dan kemalangan yang dapat membawa nasib buruk bagi seluruh keluarga. Untuk menghindarinya, orang tua tidak boleh menghukum anak-anak jika mereka melakukan kesalahan.

    6. Makan bubur

    Bubur tidak boleh dimakan saat Hari Raya Imlek karena makanan ini hanya dimakan oleh orang miskin pada zaman dahulu. Makanya, sudah dipastikan menu bubur tidak akan ada di perayaan ini, Kawula Muda.

    7. Menjahit

    Ternyata, menjahit juga jadi salah satu larangan dalam Hari Raya Imlek, nih Kawula Muda. Para wanita yang melakukan kegiatan ini bisa menimbulkan pertengkaran, loh!

    Itu dia 7 hal yang menjadi pantangan dalam Hari Raya Imlek. Pokoknya dihindari, ya Kawula Muda.

    Editor Team

    COMMENT