Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 10 2021

    Agar Otak Lebih Cerdas, Biasakan Lakukan 5 Hal Ini!

    Kawula Muda, siapa nih yang ingin mengasah otak?

    Kebiasaan sederhana yang ternyata bisa sekaligus mengasah otak (SHUTTERSTOCK)

    Banyak sekali hal yang dapat dilakukan guna mengasah otak. Contohnya seperti bermain sudoku, menyusun puzzle, dan masih banyak lagi. Tetapi, selain permainan tadi, ternyata ada beberapa kegiatan sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari di rumah dan dipercaya dapat membuat otak lebih cerdas. 

    Mau tahu apa saja? Dikutip dari Fearless Motivation, berikut adalah beberapa kegiatan sederhana yang dapat mengasah otak kalian!

    1. Gemar membaca

    orang bacaMembaca buku dapat meningkatkan kecerdasan (SHUTTERSTOCK)

     

    Seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita tidak hanya mendapat ilmu pengetahuan, namun juga membuat otak semakin cerdas. 

    Dengan sering membaca, kita dapat dengan mudah memecahkan masalah, meningkatkan kualitas komunikasi, serta mempelajari kata-kata baru yang sebelumnya kita tidak ketahui. 

    Sekarang ini, membaca tidak harus dari buku lho. Banyak sekali platform yang menyediakan e-book agar dapat dibaca melalui gadget. 

    2. Berolahraga

    olahragaOlahraga rutin mampu meningkatkan kinerja otak (ISOREPUBLIC)

     

    Olahraga secara rutin terbukti dapat memproduksi protein yang disebut Brain Derived Neurotrophic Function atau BDNF. 

    Protein ini disukai oleh otak karena mampu meningkatkan kualitas memori, fokus, konsentrasi, dan pemahaman. Dengan berolahraga, badan kita menjadi sehat dan membantu mengasah otak. Biasakan melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit.

    3. Bermain musik

    PianoBermain piano memiliki banyak manfaat untuk otak. (FLICKR)

     

    Bermain musik terutama instrumen musik klasik seperti piano, biola, dan sebagainya terbukti dapat membuat kita semakin cerdas. Dengan bermain musik dapat mengasah kemampuan motorik halus, matematika, kreativitas, serta menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri. 

    4. Belajar bahasa

    BelajarBelajar bahasa dapat meningkatkan kinerja otak dalam memecahkan masalah. (ISTOCKPHOTO)

     

    Belajar bahasa memang banyak keuntungannya! Agar tak terasa sulit, belajarlah bahasa yang kalian suka. Misalnya, seperti belajar bahasa Inggris agar tidak perlu menggunakan subtitle ketika menonton film favorit kamu. 

    5. Bermain games

    Bermain puzzleBermain puzzle bermanfaat untuk mengasah memori dan melatih daya ingat. (ISTOCKPHOTO)

     

    Beberapa games diketahui dapat melatih kecerdasan otak. Games yang membutuhkan otak untuk bekerja maksimal antara lain sudoku, puzzle, dan games yang bertema teka-teki. 

    Editor Team

    COMMENT