Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 20 2022

    Arab Saudi Adalah Negara Favorit Mayoritas Masyarakat Indonesia

    Apa negara favorit lo, Kawula Muda?

    Pemandangan Masjid Nabawi, Madina, Arab Saudi (UNSPLASH/Yasmine Arfaoui)


    Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Arab Saudi sebagai negara terfavorit mayoritas masyarakat Indonesia.

    “Pertama, kita tanya untuk Arab Saudi, itu yang mengatakan suka dengan Arab Saudi adalah mayoritas 74 persen,” tutur pendiri SMRC, Saiful Mujani, dalam siaran SMRC TV pada Senin (18/04/2022) dikutip dari CNNIndonesia. 


    Adapun survei tersebut dilakukan pada 22 hingga 24 Maret 2022 dengan melibatkan 1,228 responden. Dari seluruh responden tersebut, hanya 8 orang yang mengaku tidak suka dengan Arab Saudi. 

    Beberapa alasan kesukaan warga Indonesia sebenarnya telah tercermin dari beberapa survei sebelumnya. Sebut saja survei lembaga think-tank Australia, Lowy Institute yang menyatakan 57 persen responden mempercayai Putra Mahkota Arab Saudi. Dengan begitu, Mohammad bin Salman Al Saud (MbS) menjadi pemimpin dunia kedua yang paling banyak dipercayai warga Indonesia. 

    “MbS digemari karena muda, nyentrik, kaya, dan berpengaruh. Sepertinya warga RI rindu akan sosok seperti ini terlepas dari sepak terjang dia di dalam negeri maupun khususnya dalam menangani oposisi dalam negerinya,” tutur pengamat dari Universitas Muhammadiyah Riau, Fahmi Salsabila dikutip dari CNNIndonesia. 

    Sementara itu, Inggris menempati posisi kedua sebagai negara favorit masyarakat Indonesia dalam survei SMRC tersebut. Sekitar 27 persen responden menyatakan tidak menyukai negara yang tergabung dalam United Kingdom (UK) tersebut. 

    Pada posisi ketiga, cukup mengejutkan rasa melihat ada nama negara Rusia dengan 49 persen responden menyukainya. Di sisi lain, negara Ukraina yang tengah mengalami agresi militer dari Rusia disukai oleh  39 persen masyarakat Indonesia. 

    Apa negara favorit lo, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT