Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 20 2020

    Bahan-bahan Berikut Dapat Digunakan sebagai Filter Masker Kain Lho!

    Kawula Muda, jangan lupa selalu pakai masker ya saat keluar rumah!

    Masker Kain. (FREEPIK.COM)

    Meskipun aturan tentang pembatasan kegiatan akibat pandemi Covid-19 mulai dilonggarkan, masyarakat harus tetap mengenakan masker ketika beraktifitas di luar rumah atau di tempat umum ,untuk melindungi diri sendiri dan juga orang lain.

    Salah satu jenis masker yang mudah didapat dan paling banyak digunakan adalah masker kain.

    Namun, penggunaan masker kain saja tidak sepenuhnya efektif untuk menyaring virus dan bakteri, karena tidak dilengkapi dengan filter khusus seperti halnya masker bedah/medis.

    Tetapi jangan khawatir, ada beberapa bahan yang dapat ditambahkan sebagai lapisan ekstra pada masker kain.

    Lapisan ekstra ini berfungsi sebagai filter untuk memblokir tetesan pernapasan sambil tetap memungkinkan penggunanya bernapas dengan nyaman.

    Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai filter menurut seorang direktur medis senior dr Arefa Cassoobhoy, dari WebMD America.

    1. Filter kopi

    FILTER KOPIFilter kopi. (FREEPIK.COM)

     

    Filter kopi yang dimaksud terbuat dari kertas. Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat, The Centers for Disease Control and Prevention, telah merekomendasikan penggunakan filter kopi sebagai lapisan tambahan yang dapat diselipkan pada masker kain.

    2. Tas belanja (reusable bag)

    NONWOVEN POLYPROPYLENENonwoven Polypropylene. (FREEPIK.COM)

     

    Bukan sembarang tas belanja dapat digunakan sebagai filter, melainkan yang terbuat dari serat nonwoven polypropylene. Bahan tersebut aman digunakan dan cukup efektif sebagai penyaring.

    3. Stoking nilon (pantyhose)

    STOKING NILONStoking nilon. (FREEPIK.COM)

     

    Bahan nilon dari stoking ini dapat digunakan sebagai filter selama ditempatkan di atas masker kain dan tidak seharusnya digunakan sendirian (tanpa dilapisi masker kain).

    4. Filter HEPA

    PENJERNIH UDARAPenjernih uadara atau air purifier. (FREEPIK.COM)

     

    Filter HEPA merupakan filter anti-bakteri yang biasa digunakan dalam alat penjernih udara (air purifier). Namun, tidak semua jenis HEPA dapat digunakan, karena yang mengandung fiberglass akan sangat berbahaya untuk dihirup.

    Sama seperti keharusan mencuci masker kain setiap kali memakainya, filter juga perlu diganti setiap kali digunakan.

    Jika yang digunakan adalah filter sekali pakai (seperti filter kopi), filter harus segera dibuang setelah pemakaian. Jika yang digunakan kain lain (seperti pantyhose), cukup cuci filter tersebut dan bersihkan dengan disinfektan sebagaimana membersihkan masker kain.

    Meskipun tidak 100% efektif mencegah orang tertular Covid-19, penggunaan masker kain yang diberi filter sangat membantu dalam memperlambat penyebaran virus.

    Yang paling penting, penggunaan masker dan filter harus membuat penggunanya tetap dapat bernapas dengan benar dan nyaman.

    Editor Team

    COMMENT