Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 19 2020

    Baik untuk Kesehatan Mental, Ternyata Menulis Diary Banyak Manfaatnya!

    Dear, Kawula Muda...

    Diary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

    Biasanya, diary atau buku harian berperan sebagai wadah penampung keluh kesah dan tempat curhat paling ikhlas yang bersedia menerima apa pun ceritamu, mulai dari senang, sedih, kecewa, atau bahkan perasaan berbunga-bunga! Terlihat sepele, namun menyimpan banyak manfaat.

    Untuk kamu yang rutin menulis diary setiap hari, lanjutkan! Karena ternyata, menulis diary itu banyak manfaatnya! Selain baik untuk menjaga kesehatan mental agar tetap stabil dan terkontrol, berikut lima manfaat menulis diary.

    1. Dapat mengontrol emosi dengan baik

    DIARYDiary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

     

    Dengan menulis diary, kamu akan dapat mengontrol emosimu lebih baik. Hal tersebut dikarenakan emosi, perasaan, dan pemikiranmu sepanjang hari bisa tercurahkan lewat tulisan dan goresan di buku harianmu.

    2. Perasaan menjadi lebih tenang dan bersyukur

    Menuliskan hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari masalah yang dilalui akan membantu kamu untuk lebih tenang dan bersyukur. Jadi, buku harian itu isinya bukan sekadar amaran dan keluh kesah ya!

    3. Hidup jadi lebih teratur

    DIARYDiary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

     

    Selain curhat soal kejadian yang dilalui dan perasaan yang sedang dialami, buku harian juga bisa digunakan sebagai catatan untuk mengatur jadwalmu sehari-hari atau impian dan resolusi apa saja yang akan kamu capai dalam tahun ini.

    Tidak hanya itu, buku harian juga bisa sebagai pengingat kalau kamu lagi menginginkan sesuatu!

    Misalnya, kamu ingin membeli skincare yang harganya cukup mahal, tetapi uangnya suka kebablasan untuk jajan terus. Tulis merek skincare incaranmu di buku harian, maka kamu akan selalu ingat kalau kamu ingin menggunakan uang untuk hal yang kurang berguna.

    4. Meningkatkan kualitas hidup

    DIARYDiary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

     

    Jika hal-hal yang sudah disebutkan pada tiga poin positif di atas sudah terasa dalam keseharianmu, maka tanpa sadar kualitas hidupmu sudah meningkat. Hanya dengan menulis diary, kamu sudah menjadi pribadi yang lebih tenang, bersyukur, disiplin, dan teratur.

    5. Self healing

    DIARYDiary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

     

    Last but not least, menulis diary setiap hari bisa kamu jadikan sebagai proses self-healing (penyembuhan diri) dengan cara yang mudah dan gratis.

    Kegelisahan, kegundahan, dan rasa sakit yang kamu alami selama ini tanpa ada satu orang pun yang dapat memahami bisa kamu utarakan dengan bebas di buku harianmu. Lawan rasa takut dan penyakitmu, semangat ya!

    Dengan deretan keuntungan yang akan didapatkan, menulis diary bisa menjadi salah satu solusi positif untuk meringangkan beban dan masalah hidupmu. Jadi, mau mulai menulis diary? Selamat mencoba!

    Editor Team

    COMMENT