Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 22 2020

    Bantu Perbaiki Kualitas Hidup, Ini 6 Jenis Journaling yang Bisa Kamu Coba

    Kawula Muda, coba dulu deh cara yang satu ini, lalu bagikan pengalamanmu ya.

    Diary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

    Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredam stres atau melepas kepenatan setelah melalui kegiatan yang menjemukan setiap hari. Salah satunya ialah journaling!

    Meskipun kini jenis media sosial yang kerap digunakan sebagai tempat curhat semakin menjamur, tetap saja traditional way is always win! Sensasi yang dirasakan ketika menulis di buku dan mengetik di laman media sosial juga sangat berbeda.

    Berikut 6 jenis journaling atau penjurnalan yang dapat kalian kerjakan setiap hari!

    1. Jurnal harian

    Jurnal ini juga kerap disebut diary. Di jurnal harian, kalian bisa menulis apa pun cerita atau unek-unek yang selama ini terpendam dan tidak bisa diceritakan ke siapa pun!

    Salah satu penyebab stres atau penyakit mental adalah terpendamnya emosi atau rasa yang mengganjal di dalam diri. Maka dari itu, rajin menulis jurnal harian akan membuat kualitas kesehatan mentalmu jauh lebih baik.

    2. Jurnal pagi

    DIARYDiary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

     

    Jurnal pagi bisa diisi dengan rencana atau hal yang akan kamu lakukan pada hari tersebut. Selain itu, kamu bisa menulis kata atau kalimat positif pembangkit semangat agar dapat menjalani hari dengan baik!

    Jika ingin rutin menulis jurnal pagi setiap hari, usahakan bangun lebih pagi ya! Jangan sampai kegiatanmu bersiap-siap di pagi hari jadi terganggu karena menulis jurnal!

    3. Jurnal malam

    Untuk jurnal yang satu ini, bisa kalian lakukan sebagai proses relaksasi setelah menjalani kegiatan yang padat selama seharian. Sebelum tidur, kamu bisa menuliskan kegiatan dan target apa saja yang sudah terlaksana atau masalah apa saja yang kamu sudah selesaikan pada hari tersebut!

    4. Jurnal ide

    Jurnal ide juga bisa disebut sebagai bank inspirasi. Bicara soal inspirasi, inspirasi bisa datang di mana dan dari mana saja.  Maka dari itu, jurnal ide wajib dibawa ke mana saja! Jadi, jika tiba-tiba ada ide atau inspirasi datang, bisa langsung ditulis, sehingga idemu akan tersimpan dengan rapi dan bisa dilihat kapan saja kalian butuhkan!

    5. Jurnal rencana

    DIARYDiary atau buku harian. (FREEPIK.COM)

     

    Jurnal ini berisi rencana atau mimpi yang akan kamu wujudkan. Sederhananya, jurnal rencana juga bisa disebut sebagai wishlist notes. Dengan adanya jurnal rencana, kalian dapat lebih fokus untuk menyusun langkah-langkah menuju mimpi. Penting banget, kan?

    6. Jurnal rasa syukur

    Nah, ini salah satu jurnal paling mujarab yang dapat membantu kalian untuk lebih tenang dalam menjalani hidup. Jurnal rasa syukur atau yang lebih dikenal dengan nama gratitude journal berisi tentang hal-hal yang kalian syukuri setiap harinya.

    Dengan menulis, kalian akan berpikir dan berusaha keras untuk mengingat dengan baik.

    Tulislah nikmat dan rezeki yang kalian dapatkan dengan sedetail mungkin, walaupun hanya masih bisa bernapas dengan leluasa. Kelak ketika ditimpa masalah dan membuka jurnal rasa syukur ini, hati kalian akan menjadi lebih lapang dan tidak sempit dalam memandang sebuah masalah.

    Editor Team

    COMMENT