Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 09 2022

    Banyak Manfaatnya, Ternyata Pemakaian Retinol setiap Hari Ada Efek Sampingnya

    Walau punya manfaat bagus, retinol juga bisa bahaya kalau pakai setiap hari.

    Ilustrasi serum (UNPLASH)


    Serum retinol kaya akan manfaat untuk kulit wajah seorang, seperti mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, sampai disebut bisa cegah penuaan dini.

    Namun, Kawula Muda harus hati-hati dengan pemakaian retinol, loh. Walaupun punya banyak manfaatnya, serum ini tidak bisa digunakan setiap hari karena memiliki efek samping yang serius untuk kulit.

    Mungkin, untuk pemula yang baru mengenakan retinol bisa munculnya kemerahan pada wajah. Biasanya ini terjadi karena kulit seseorang sensitif. Maka dari itu, sesuaikan produk skincare dengan kondisi kulit kalian.

    Sementara itu, pemakaian secara berlebihan atau di luar saran dokter spesialis kulit berisiko menimbulkan efek samping seperti, kulit kering dan iritasi, perubahan pada warna kulit, kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, serta kulit jadi kemerahan, bengkak, keras, atau melepuh.

    Makanya, selalu ikuti anjuran penggunaan pada label kemasan produk yang Kawula Muda gunakan. Jika kulit mengalami reaksi negatif, hentikan pemakaian produk dan segera kunjungi dokter spesialis kulit.

    Ilustrasi serumIlustrasi serum (UNPLASH)

    Gunakan secukupnya

    Banyak ditemukan kesalahan menggunakan retinol, nih. Misalnya penggunaan retinol yang umum dilakukan. Beberapa memakainya dalam jumlah yang terlalu banyak, terlalu sering, atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi.

    Sebaiknya, penggunaan retinol seharusnya dimulai dari rendah saja, terlebih lagi, kalau lo punya kulit yang sensitif.

    Retinol lebih dianjurkan untuk digunakan di malam hari. Sebenarnya bisa saja memakai retinol pada pagi hari asalkan dilapisi dengan sunscreentapi tetap jangan terlalu sering.

    Ibu hamil jangan pakai kandungan retinol

    Pemakaian retinol dalam jangka panjang atau dosis besar bisa menyebabkan risiko cacat lahir pada bayi yang lahir, loh.

    Oleh sebab itu, perlu dihentikan pemakaian zat ini selama kehamilan dan menggantinya sementara.

    Editor Team

    COMMENT